Menu Tutup

14 Destinasi Wisata Majalengka Tersembunyi yang Harus Dikunjungi

Wilayah Kabupaten Majalengka terdiri dari dataran rendah untuk bagian Utara dan juga pegunungan di bagian Selatan. Destinasi wisata Majalengka ini didominasi dengan perbukitan dan dataran tinggi yang ternyata memiliki suasana alam sangat asri. Jika anda kebetulan ingin berkunjung ke daerah ini, maka pastikan beberapa destinasi wisata Majalengka memukau dan masih tersembunyi berikut ini harus anda kunjungi.

1. Desa Wisata Bantaragung

Jika anda berkunjung ke Majalengka, maka pastikan liburan yang anda lakukan tidaklah sebentar karena ada begitu banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi disini seperti salah satunya Desa Wisata Bataragung yang ada di Kecamatan Sidangwangi. Kenapa harus?, sebab desa ini pernah masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang membuktikan jika perkembangan wisata di desa ini memang luar biasa.

Disini, setidaknya ada sekitar enam objek wisata yakni Curug Cipeuteuy, Bukit Batu Semar, Bumi Perkemahan Awilega, Puncak Pasir Cariuk dan juga Terasering sawah Ciboer Pass. Sebagian objek tersebut memang baru mulai dikelola warga setempat tiga tahun terakhir sehingga masih sangat alami dan juga asri.

  • Lokasi: Kecamatan Sindangwangi, Majalengka.
  • Harga Tiket: Hanya untuk bayar parkir.

2. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai berada pada ketinggian 3.078 mdpl yang menjadi gunung paling tinggi di Provinsi Jawa Barat. Gunung Ciremai ini terletak di bagian timur yakni perbatasan Majalengka dan Kuningan yang dijadikan sebagai taman nasional bernama Taman Nasional Gunung Ciremai disingkat TNGC.

Disini, terdapat empat jalur pendakian yang biasa dipakai pecinta alam untuk sampai ke puncak gunung tersebut dan yang paling terkenal adalah Jalur Palutungan dengan total waktu mendaki sekitar 8 sampai 9 jam. Di dalam perjalanan, anda akan melihat berbagai satwa seperti elang jawa, ajag atau anjing gunung, kera, macan tutul, kijang dan juga lutung.

  • Lokasi: Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan
  • Harga Tiket: Rp. Mulai Rp.50.000.

3. Terasering Panyaweuyan

Lokasi berikutnya di Majalengka yang tidak kalah indah untuk dikunjungi adalah Terasering Panyaweuyan dimana anda tidak harus bersusah susah mendaki namun tetap bisa menikmati matahari terbit yang spektakuler.

Anda bisa melakukan tracking ke Terasering Panyaweuyan yang ada di kaki Gunung Ciremai. Persawahan ini memiliki luas yang meliputi tiga buah desa yakni Desa Sukasari Kidul, Desa Sukasari Kaler dan juga Tejamulya.

Sementara tinggi kontur tanah area ini sekitar 400 mdpl sampai 2.000 mdpl. Semakin dekat anda ke puncak, maka udara yang bisa anda rasakan juga semakin sejuk sehingga pastikan anda membawa pakaian yang cukup tebal ketika berkunjung ke tempat ini.

Meski hanya terlihat sebagai hamparan sawah, namun sebenarnya ada juga hasil bumi lain yang ditanam di daerah ini seperti bawang merah, ubi jalar dan juga daun bawang sehingga jika kebetulan anda menemukan petani yang sedang panen, anda bisa langsung memberi hasil pertani tersebut dalam kondisi yang masih fresh.

  • Lokasi: Sukasari Kidul, Aargapura, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 per orang.

4. Gunung Sanghyang Dora

Memang, tracking di Gunung Sanghyang Dora tidak sepanjang seperti Gunung Ciremai. Akan tetapi, karena jalurnya yang belum sepenuhnya dibuka untuk umum, maka anda akan melewati banyak tantangan seperti ranting pepohonan dan juga tanjakan curam yang menjadi penghalang perjalanan anda.

Ketika sampai di puncak sesudah melewati berbagai rintangan tersebut, barulah anda akan dimanjakan dengan berbagai pesona bukit bukit dan Gunung Ciremai sebagai latar belakangnya sehingga pantas jika tempat ini dijuluki dengan Raja Ampat versi Majalengka.

  • Lokasi: Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 per orang belum termasuk biaya izin berkemah.

5. Situ Cipanten

Berlanjut ke destinasi wisata alam Majalengka adalah Situ Cipanten. Lokasi ini berjarak 16 km dari pusat Kabupaten Majalengka dimana anda bisa berenang dan juga menaiki perahu di telaga kecil yang berisi air sangat jernih.

Sebetulnya, objek wisata ini sudah ada sejak tahun 1970-an, namun karena suasananya yang sepi dan sedikit menyeramkan, maka banyak orang yang beranggapan jika lokasi ini angker. Sesudah pemuda setempat mengunggah berbagai foto Situ Cipanten di media sosial yang sangat mengagumkan, barulah secara perlahan kesan tersebut luntur dan akhirnya semakin banyak orang yang berkunjung ke destinasi wisata Majalengka mempesona ini.

Disini, ada tujuh mata air yang mengalir ke Situ Cipanten sehingga telaga ini tidak pernah kering bahkan di musim kemarau. Uniknya lagi, air Situ Cipanten ini juga bisa berubah ubah seperti biru atau hijau tosca.

  • Lokasi: Gunung Kuning, Sindang, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 belum termasuk dengan baik perahu dan berbagai aktivitas lainnya.

6. Curug Muara Jaya Argapura

Curug atau air terjun Muara Jaya Argapura ini memiliki tinggi 73 meter yang mengalirkan air dari Sungai Muara Jaya di Lereng Gunung Ciremai dan dikelilingi dengan pepohonan, taman bermain untuk anak serta pendopo sehingga layak dijadikan sebagai tujuan wisata Majalengka family friendly.

Lokasi wisata ini memiliki luas 18 hektar dengan sebuah curug berukuran besar dan juga beberapa curug dengan ukuran lebih kecil dan lebih rendah yang semuanya menyuguhkan panorama nan indah sebagai satu kesatuan.

  • Lokasi: Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.6.000.

7. Gunung Tilu Girimukti

Bagi anda yang ingin berwisata dan bernyali besar, maka Gunung Tilu Girimukti ini wajib untuk anda kunjungi. Objek wisata ini terdiri dari tiga buah bukit batu dan yang paling besar setinggi sekitar 50 meter. Tidak hanya menjadi tempat pas untuk melihat matahari terbenam, namun disini anda juga bisa berolahraga panjat tebing yang sangat seru.

Selain itu, beberapa tahun belakangan para komunitas sepeda juga sering datang ke tempat ini karena jalurnya yang memang lumayan sepi dan juga tersembunyi.

  • Lokasi: Girimukti, Kasokandel, Majalengka.

8. Batu Nyongclo

Batu Nyongclo merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang ada di lereng utara Gunung Ciremai dengan tinggi sekitar 800 mdpl. Destinasi wisata Majalengka ini memang baru baru saja launching sehingga bisa dikatakan destinasi Majalengka yang terbaru saat ini.

Dengan menggunakan bantuan traveler asli Majalengka, masyarakat setempat kemudian membuat beberapa saung yang sangat cantik dipakai untuk foto. Selain memiliki udara sangat sejuk dan instagrammable, di tempat wisata ini, anda juga bisa mendengarkan berbagai satwa liar yang saling bersahutan sehingga menambah keindahan Batu Nyongclo ini.

  • Lokasi: Jalan Malarhayu, Payung, Rajagaluh, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.10.000.

9. Sungai Cikadongdong

Jika anda ingin berwisata air ang menantang, silahkan coba datang ke Sungai Cikadongdong yang menyajikan River Tubing dengan total panjang rute wisata arung jeram sekitar 250 meter dan terbagi menjadi dua pilihan trayek.

Untuk anda yang masih pemula, maka bisa menempuh jarak sekitar 50 meter melewati aliran sungai yang bisa dikatakan landai. Sedangkan untuk rute yang jauh lebih menatang, anda bisa menjajal rute dengan panjang 200 meter dengan jeram yang berkelok kelok.

  • Lokasi: Jalan Desa Payung, Teja, Rajangaluh, Majalengka.
  • Biaya: Mulai dari Rp.20.000 per orang.

10. Bukit Mercury

Bagi anda yang gemar foto dan ingin mencari spot foto terbaik di daerah Majalengka, maka pastikan anda berkunjung ke Bukit Mercury yang berada di ketinggian 1600 mdpl. Lokasi ini berdekatan dengan Terasering Panyeweuyan sehingga anda akan disuguhkan pemandangan lahan bawang merah serta barisan bukit di Majalengka.

Dulunya, Bukit Mercury ini merupakan lokasi perkemahan yang kini dijadikan spot foto dengan beberapa titik cantik untuk menghiasi media sosial anda.

  • Lokasi: Cibuluh, Blok, Tejamulya, Argapura, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.15.000.

11. Curug Ibun

Destinasi wisata di Majalengka berikutnya yang harus anda kunjungi adalah Curug Ibun. Tempat ini sangat istimewa sebab merupakan gabungan dari tiga objek wisata dalam satu wilayah yakni sungai, gua dan juga air terjun. Selain itu ketika akan menuju Curug Ibun Pelangi, anda juga akan disajikan dengan hamparan kebun sayur dan juga hutan bambu yang disebut sebut magis.

Namun sayangnya, anda disini tidak diperbolehkan untuk berenang karena arusnya yang cukup deras. Sebagai gantinya, anda bisa duduk dudkuk di atas bebatuan atau berfoto sambil mencelupkan kaki anda ke air yang sangat dingin.

  • Lokasi: Sukadana, Argapura, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.4.000 belum termasuk pemandu.

12. Pasir Ole Ole

Destinasi wisata Majalengka berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah Pasir Ole Ole yang dibuka bertepatan pada 17 Agustus tahun 2017 lalu. Ini merupakan spot foto lain yang sangat instagrammable sehingga wajib untuk anda kunjungi.

Beberapa anjungan foto yang bisa anda nikmati diantaranya adalah jembatan gantung, gardu pandang, sayap burung dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan latar belakang pemandangan alam Majalengka yang menawan dan asri, maka tentunya foto yang anda dapatkan juga sangat istimewa.

  • Lokasi: Dusun Cipincung, Desa Gununglarang, Kecamatan Bantarujeg, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.5.000.

13. Cadas Gantung

Cadas Gantung bisa anda sambangi dari pusat Kabupaten Majalengka dengan jaarak sekitar 40 km. Disini terdapat bumi perkemahan yang menyuguhkan pemandangan spektakuler dimana anda bisa melihat tumpukan bebatuan di berbagai sudut sambil menunggu matahari terbenam.

Cadas Gantung ini berada pada ketinggian sekitar 500 hingga 700 mdpl sehingga anda harus melakukan sedikit pendakian untuk eksplor kawasan wisata asri ini. Tidak hanya sekedar tracking, namun disini juga terdapat Sungai Cirarangan yang letaknya tidak jauh dari Cadas Gantung sehingga bisa anda gunakan untuk berenang di sungai yang jernih ini sesudah lelah melakukan pendakian ke Cadas Gantung.

  • Lokasi: Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka.
  • Harga tiket: Rp.3.000.

14. Gunung Karang

Gunung Karang menjadi area wisata yang sangat cocok anda gunakan sebagai area untuk menikmati alam Majalengka. Lokasi ini mempunyai nama resmi Wana Wisata Seribu Goa yang hanya berjarak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota.

Untuk jalanan menuju lokasi ini memang masih belum baik sehingga anda sebaiknya tidak berkunjung ke lokasi wisata ini ketika musim hujan. Hampir serupa dengan Cadas Gantung, disini ada sekitar puluhan batu berukuran besar yang terlihat seperti ditata dengan apik.

Perbedaan yang paling menonjol dari dua lokasi wisata ini adalah pada sela sela bebatuan terdapat gua yang bisa anda jelajahi bersama dengan guide karena jumlah gua disini cukup banyak dan beberapa diantaranya juga bercabang.

  • Lokasi: Blok Pancurendang Tonggoh, Kelurahan Babakan, Kecamatan Majalengka, Majalengka.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 belum termasuk guide.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *