Menu Tutup

Cara Merawat Mobil Berbahan Bakar Bensin yang Paling Penting

Dari segala macam jenis mobil, salah satu mobil yang diminati banyak orang adalah mobil dengan bahan bakar bensin sebab harganya yang lebih terjangkau. Selain itu, jenis dan tipe mobil berbahan bakar bensin juga beragam sehingga pilihannya juga semakin beragam. Namun, bukan berarti perawatan mobil berbahan bakar bensin ini bisa dianggap sepele, bahkan dalam penelitian juga mengungkapkan jika kerusakan parah terjadi ketika mobil bensin tidak dirawat dengan baik. Bagi anda yang kebetulan memiliki mobil jenis ini, berikut akan kami berikan beberapa cara merawat mobil berbahan bakar bensin yang paling penting untuk dilakukan.

1. Jangan Sering Menjemur Mobil

Cara merawat mobil berbahan bakar bensin pertama yang harus anda lakukan adalah menghindari menjemur mobil terlalu lama di bawah terik matahari. Mobil yang terkena sinar matahari secara langsung bisa berdampak buruk baik untuk eksterior, bodi, jok dan juga interior sampai pada sistem bensin.

2. Sesuaikan Bensin Dengan Kendaraan

Bensin merupakan tenaga penggerak yang sangat penting untuk mobil namun tetap harus dipilih yang sesuai dengan jenis mobil anda. Hindari mengisi bensin yang bersubsidi karena bisa menyebabkan mesin semakin rapuh.

Sekarang ini, ada beberapa mobil yang menggunakan sistem bahan bakar seperti EFL yang membutuhkan bensin bebas timbal sebab endapannya bisa menyebabkan penyumbatan. Sedangkan untuk premium masih bisa digunakan untuk mobil lama yang masih memakai karburator.

3. Rawat Aki Dengan Baik

Cara perawatan mobil berbahan bakar bensin berikutnya adalah dengan merawat aki secara berkala. Hal ini sangat penting dilakukan supaya beberapa hal seperti mobil yang mogok atau tidak bisa dinyalakan jangan sampai terjadi. Selain itu, pastikan anda membersihkan korosi pada aki.

4. Seimbangkan Mesin

Anda juga harus mengkondisikan mesin supaya tetap selalu seimbang yang baik dilakukan untuk menghemat bensin hingga empat persen. Anda bisa melakukan servis setiap kilometer seperti yang disarankan para ahli otomotif.

Selain itu, perhatikan juga umur busi karena busi tua yang masih dipaksakan bekerja bisa mengurangi efisiensi bensi sampai tiga puluh persen. Sedangkan untuk pemeriksaan busi sendiri harus dilakukan oleh ahli mesin yang berpengalaman.

5. Kuras Tangki Bensin

Cara berikutnya untuk merawat mobil menggunakan bahan bakar bensin adalah menguras tangki bensin dengan teratur khususnya jika mobil anda memakai premium. Endapan kotoran seperti limbah dan sejenisnya yang ada di bawah tangki bisa menyebabkan kelumpuhan di sistem operasi mesin sehingga sebaiknya dibersihkan.

Setidaknya, kuras tangki bensin dengan teratur sekitar tiga sampai empat kali tahun sekali.

6. Isi Bensin Dengan Optimal

Optimal ketika mengisi bensin yang dimaksud adalah tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit. Jika anda mengisi bensin terlalu penuh, maka bisa merembes di tutup tangki, sedangkan jika terlalu sedikit, maka endapan kotoran seperti timbal bisa terhisap dan akhirnya menyumbat pompa bensin mobil tersebut.

7. Operasikan Mobil Dengan Efisien

Yang dimaksud mengoperasikan mobil secara efisien disini adalah menyesuaikan gigi serta kopling dengan kecepatan dan juga kondisi jalan yang sedang dilalui. Jika gigi yang dipakai tidak sesuai dengan kecepatan serta kondisi jalan, maka nantinya juga bisa berpengaruh pada bensin.

Hindari terlalu sering menekan kopling karena juga bisa menyebabkan boros bensin. Jika anda sedang melewati tanjakan dan macet, maka sebaiknya hentikan mobil menggunakan rem tangan dan jangan menahan kecepatan mobil anda memakai kopling.

8. Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban

Pengendalian angin pada ban juga harus dilakukan secara berkala sebab secara perlahan tekanan angin bisa cepat berkurang akibat suhu panas dan beban mobil. Untuk itu sangat disarankan supaya anda selalu memeriksa tekanan angin setidaknya satu kali dalam sebulan.

Tekanan angin ban yang tidak optimal bisa mengurangi usia ban dan juga meningkatkan konsumsi bensin.

9. Periksa Filter Udara

Cara berikutnya untuk mreawat mobil bensin adalah dengan memeriksa filter udara. Bersihkan filter udara dan lakukan penggantian filter udara tersebut secara berkala. Jika filter penuh dengan debu, maka mobil akan dipaksa bekerja lebih keras sehingga perlu jumlah bensin yang lebih banyak.

Pemeriksaan filter udara sangat disarankan dilakukan sekitar satu sampai dua tahun sekali. Sedangkan untuk area yang panas, maka penggantian bisa dilakukan sesudah menempuh jarak 24.000 kilometer. Penggantian filter udara ini sangat penting dilakukan karena bisa menghemat pemakaian bensin sampai sepuluh persen.

10. Perhatikan Petunjuk Manual Dengan Baik

Setiap merk kendaraan dibuat dengan inovasi, teknologi dan peruntukan berkendara yang berbeda beda. Untuk itu, pastikan anda selalu memperhatikan manual ketika anda membeli mobil bekas.

11. Periksa Semua Zat Cair Pada Mobil

Zat atau bahan cair juga sangat penting pada mesin dan harus diperiksa ketika anda ingin membeli mobil bekas. Beberapa zat cair tersebut diantaranya adalah minyak rem, minyak power steering, olie mesin atau transmisi atau gardan, air pencuci wiper kaca depan dan juga air radiator.

Semua jenis cairan ini memiliki peran besar untuk performa kendaraan termasuk juga keamanan anda. Jangan sampai anda lalai untuk memperhatikan semua zat cair ini karena kesalahan sedikit saja bisa berdampak buruk pada kendaraan khususnya bagian mesin.

12. Periksa Vbelt

Vbelt atau sabuk mesin bisa aus jika sudah mencapai batas kilometer pemakaian dan bisa berpengaruh pada performa mesin. Untuk itu, anda harus memeriksa jika terjadi keretakan dan periksa juga berapa lama belt harus diganti.

Belt yang putus ketika mobil sedang berjalan menjadi hal yang harus dihindari karena bisa merusak mesin mobil yang parah bahkan juga bisa hancur. Untuk itu, pastikan anda menggunakan bensin yang sesuai jika memang pabrik merekomendasikan bensin beroktan tinggi dan bebas timbal.

Ini mengartikan jika mesin mobil anda sudah memakai sistem bahan bakar lebih rumit seperti EFI yang butuh bensin tanpa timbal dan kotoran karena bisa menyebabkan penyumbatan dan gagal bekerja. Sementara untuk mobil lama yang masih memakai karburator, maka premium masih bisa digunakan untuk mesin mobil anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *