Menu Tutup

Destinasi Wisata Papua yang Tidak Kalah Hebat Dengan Raja Ampat

Sekitar beberapa tahun belakangan ini, Raja Ampat memang sudah menjadi pesona utama wisata alam di Papua sebab Tanah Mutiara Hitam ini memang memiliki permata tersembunyi yang tidak terkalahkan. Perpaduan antara Papua dan Papua Barat menjadikan daerah ini dataran terluas dan terdapat puluhan lembah, danau, gunung dan juga air terjun yang menawarkan pemandangan mempesona ditambah lagi dengan pantai di sekitar pulau utama yang sayang untuk dilewatkan. Jika anda berencana berlibur ke Papua, berikut akan kami ulas destinasi wisata terbaik di Papua yang tidak akan pernah anda lupakan.

1. Teluk Cenderawasih

Jika anda menyukai wisata air, maka pastikan anda mengunjungi Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang sekaligus juga menjadi taman nasional laut terluas di Indonesia. Di Teluk Cenderawasih ini, ada sekitar 18 Pulau lengkap dengan lebih dari 500 spesies karang sehingga sangat cocok bagi anda yang hobi snorkeling ata diving.

Teluk Cenderawasih adalah rumah bagi hiu paus atau Rhincodon typus jinak dan para nelayan serta warna setempat juga sudah terbiasa berdekatan dengan hewan laut super besar ini. Untuk anda yang ingin memesan paket diving juga bisa dilakukan dimana anda akan berenang bersama spesies mamalia berukuran rata rata 20 meter ini.

  • Lokasi: Distrik Sobey Indah, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

2. Gunung Carstensz

Untuk anda yang memiliki keahlian mendaki gunung, cobalah untuk menaklukkan puncak tertinggi di dunia yang ada di Papua ini. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, Gunung Cartensz ini masuk ke dalam salah satu dari Tujuh Puncak di Dunia yang diselimuti dengan salju abadi.

Tidak hanya cuaca ekstrem yang harus anda taklukan ketika mendaki Pegunungan Jayawijaya ini, namun anda juga harus menyiapkan biaya mendaki gunung yang cukup tinggi mengingat perlengkapannya yang tidak boleh sembarangan.

Ditambah lagi dengan ongkos portir dan berbagai transportasi sehingga ada sekitar puluhan juta yang harus anda persiapkan untuk berpetualang di destinasi wisata ini dimana anda akan menempuh perjalanan setidaknya tujuh hari.

  • Lokasi: Desa Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

3. Air Terjun Bihewa, Nabire

Tidak hanya didominasi dengan danau dan pegunungan, namun wisata Papua juga memiliki air terjun yang sangat indah seperti salah satunya adalah Air Terjun Bihewa. Jika anda berangkat dari dari Bandara Douw Aturure, maka akan membutuhkan waktu sekitar dua setengah jam perjalanan menuju perbatasan Nabire. Sesudah sampai di tempat parkir, maka anda harus sedikit berjalan untuk mencapai air terjun setinggi 40 meter tersebut.

Di sepanjang tracking tersebut, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon pohon besar nan rindang. Meski jalan yang harus anda tempuh agak terjal dan licin khususnya sesudah hujan, namun nantinya semua akan terbayar dengan kehadiran kolam alami yang bersih dan jernih dengan pemandangan ekstra memukau.

  • Lokasi: Distrik Makimi, Nabire, Papua.
  • Harga Tiket: Rp.20.000.

4. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz yang ada di Papua ini merupakan Taman Nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara. Taman Naasional Loentz ini membentang di empat wilayah yakni Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Merauke serta Kabupaten Fak Fak yang juga harus masuk daftar kunjungan tempat wisata di Papua.

Dengan luas sekitar 2.4 juta hektar ini, Taman Nasional Loentz memang layak ditetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara dan bahkan juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.  Uniknya lagi, Taman Nasional Lorentz juga menjadi satu dari tiga area di dunia yang mempunyai gletser pada daerah tropis. Dilihat dari segala penjuru, bisa dijamin jika anda akan melihat pemandangan serta keanekaragaman hayati yang akan membuat anda terpesona.

  • Lokasi: Distrik Sarwa Erma, Agats, Papua.
  • Jam Buka: 24 jam.

5. Pantai Base G, Jayapura

Tidak selamanya destinasi wisata di Papua berada di daerah pelosok. Pantai Base G ini bisa anda tempuh sekitar 1 jam dari Kota Jayapura yang menyuguhkan pemandangan sangat cantik tidak kalah dengan Biak dan menjadi situs bersejarah sebab pernah menjadi markas pasukan Sekutu di Perang Dunia II.

Pantai ini juga masih dikelola dengan sangat baik oleh warga setempat dan juga sudah tersedia saung yang bisa anda sewa ketika ingin bersantai. Selain itu, disini juga sudah ada penjaga pantai sehingga anda bisa tetap aman ketika berenang. Untuk waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah di pagi hari sambil menunggu matahari terbit.

  • Lokasi: Tanjung Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.
  • Harga Tiket: Rp.10.000.

6. Air Terjun Karmon, Biak

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Karmon ini tidak mengalirkan air yang deras langsung dari puncak, akan tetapi terlebih dahulu melewati bebatuan yang berundak undah.

Jika dilihat sekilas, Air Terjun Karmon ini se[erti Air Terjun Kanto Lampo yang berada di Gianyar, Bali dengan ketinggian 30 meter dan berada di tengah hutan Biak Utara nan magis. Meski letaknya terbilang cukup jauh dari Kota Biak, sesampainya di lokasi anda hanya perlu berjalan sekitar 100 meter.

  • Lokasi: Karmon, Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
  • Jam Buka: 24 jam.

7. Kepulauan Padaido, Biak

Wisata alam Papua berikutnya yang tidak kalah indah adalah Kepulauan Padaido yang terdiri dari sekitar 20 pulau dan delapan diantaranya adalah pulau tak berpenghuni. Kepulauan Padaido ini merupakan pusat rehabilitasi terumbu karang sehingga membuat aktivitas nelayan dan budidaya hasil laut sangat dibatasi.

Untuk itu tidak heran jika Padaido menjadi surga bagi para pecinta diving sebab keindahan bawah lautnya yang masih tetap terjaga yakni hampir 100 persen spesie koral yang terjaga dengan baik.

Disini, anda juga bisa melihat beberapa jajaran pulau berukuran besar seperti Pulau Pasi, Pulau Owi, Pulau Auki, Pulau Pai dan berbagai pulau lainnya. Anda nantinya bisa menginap di guest house dan meminta warga setempat untuk memasak hasil tangkapan para nelayan seperti tenggiri, kakap putih, tuna, cakalang, baronang, kepiting, kerapu dan juga lobster. Jika bermalam di tempat in, anda juga bisa bangun di pagi pagi sekali untuk melihat aktivitas lumba lumba di lautan lepas.

  • Lokasi: Kabupaten Biak Numfor.

8. Danau Idenberrg, Pegunungan Jayawijaya

Jika anda ingin merasakan pendakian Jayawijaya tanpa harus sampai ke puncak, Danau Idenberg ini menjadi pilihan yang paling tepat. Danau ini berada di ketinggian 4.313 mdpl dan anda butuh waktu sekitar kurang lebih 2 jam untuk tiba di danau tersebut.

Wisata alam di Papua ini bisa dikatakan misterius sebab terkadang ada debit air yang melimpah dan terkadang juga bisa kering sama sekali secara tiba tiba. Dalam perjalanan menuju Danau Idenberg ini, anda juga akan dibuat terpesona dengan tebing tebing vertikal bebatuan warna putih sedikit abu abu yang akan membuat suasana danau ini seperti di negara berbeda.

  • Lokasi: Tambang Grasberg, Dogomo, Dumadama, Tembagapura.

9. Gunung Botak, Manokwari Selatan

Seperti yang kita ketahui, Papua memang menjadi surga wisata seperti Kabupaten Manokwari Selatan yang memiliki gunung menempel langsung pada laut lepas. Gunung ini disebut dengan Gunung Botak sebab tidak ada pohon tinggi yang tumbuh disini. Sejauh mata memandang, anda hanya akan melihat rerumputan dan bebatuan yang justru membuat tempat ini sangat menarik untuk para pengunjung.

Disini, anda akan pemandangan Samudera Pasifik dari ketinggian. Untuk berkunjung ke Kabupaten Manokwari menuju ke Gunung Botak, maka perjalanan yang harus anda tempuh adalah sekitar 3.5 jam.

  • Lokasi: Yekwandi, Manokwari Selatan, Papua Barat.

10. Danau Uter, Kabupaten Maybart

Danau Cermin di Kabupaten Maybart ini juga menawarkan pemandangan indah memukau yang sayang untuk terlewati ketika anda berkunjung ke Papua. Pada beberapa waktu tertentu, anda bisa becermin pada permukaan danau karena kondisi airnya yang sangat jernih.

Sementara pada beberapa waktu lainnya, air akan terlihat tembus pandang sehingga anda bisa melihat kehidupan di dalam danau yang sangat cantik. Danau ini bisa dikatakan masih perawan karena masih belum banyak didatangi para wisatawan dan bahkan belum dikelola secara resmi oleh warga setempat.

Dari tempat parkir, anda harus menyusuri jalan setapak yang hanya disemen sekedarnya saja. Karena lokasi ini masih bisa dikatakan sepi, maka anda bisa dengan bebas berenang di lokasi ini.

  • Lokasi: Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

11. Telaga Emfote

Telaga Emfote atau sering disebut dengan Danau Love ini lokasinya tidak jauh dari Danau Sentani yang memang berbentuk seperti hati. Baru baru ini, Danau Emfote masuk sebagai nominasi dalam Destinasi Baru Terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia sehingga wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke Papua.

Jika anda ingin mellihat pemandangan sempurna, maka anda harus datang menjelang matahari terbenam karena akan memperlihatkan suasana yang sangat romantis cocok untuk anda bersama dengan pasangan.

  • Lokasi: Sentani, Jayapura, Papua.
  • Jam Buka: 06.00 – 18.30.

12. Pantai Samber, Biak

Biak adalah sebuah pulaa yang ada di bagian utara Teluk Cenderawasih. Pulau ini dikelilingi dengan pantai yang sangat indah lengkap dengan berbagai atol atau terumbu karang. Apabila Pantai Bonsik ada di wilayah Biak Timur, maka Pantai Samber ini ada di bagian barat.

Anda bahkan bisa mengunjungi kedua pantai ini karena jarak Pantai Bosnik ke Pantai Samber sekitar 45 km dan anda juga akan melihat beberapa pantai yang tidak kalah mengagumkan selama perjalanan.

  • Lokasi: Distrik Yendidori, Biak Barat.
  • Harga Tiket Parkir: Rp.6.000 – Rp.8.000.
  • Harga Sewa Honai: Rp.35.000.

13. Pantai Bosnik, Biak Timur

Pada bagian timur laut Pulau Biak, ada garis pantai yang memberikan keindahan air laut berwarna biru kehijau hijauan dengan pasir putih yang sangat amat bersih. Selain itu, ada sekitar tujuh buah pintu masuk ke laut dimana salah satunya yang paling terkenal adalah Pantai Bosnik atau juga disebut dengan Pantai Segara Indah.

Di pantai tersebut, anda tidak hanya bisa berenang namun juga snorkeling meski harus tetap berhati hati karena arusnya yang cukup kencang. Jika anda ingin berjemur atau sekedar bersantai menikmati hembusan angin dan mendengar deburan ombak, maka anda bisa menyewa beach bed atau saung yang berjejer di sepanjang pantai.

  • Lokasi: Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

14. Danau Paniai

Anda mungkin belum mengetahui jika dalam Konferensi Danau Sedunia tahun 2007, Danau Paniai ini dinobatkan menjadi danau paling indah di dunia sehingga wajib anda kunjungi. Ada hal yang menakjubkan disini kaena keasrian danau yang berada di ketinggian 1.700 mdpl ini masih tetap terjaga dengan baik meski sudah semakin banyak masyarakat yang tinggal disekitarnya.

Tempat ini menjadi area paling tepat untuk menatap keindahan danau seluas 14.500 hektar yakni bukit di Desa Enarotali. Anda bahkan bisa meminta warga setempat yang melakukan budidaya seafood seperti ikan mujair, ikan nila, udang dan belut untuk menjual hasil tangkapan mereka dan menikmati lezatnya kuliner Papua yang menggoda.

  • Lokasi: Distrik Pantai Timur, Kabupaten Paniai, Papua.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa destinasi wisata alam mengagumkan yang hanya bisa anda temui di Papua dan sekitarnya yang tidak kalah indah dengan berbagai destinasi wisata terkenal lainnya seperti Raja Ampat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *