Menu Tutup

Beberapa Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memodifikasi Velg Mobil Anda

modifikasi velg mobil

Mengganti pelek mobil tidak hanya berdampak pada penampilan mobil yang kurang menarik namun juga bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara dan juga performa mobil ketika akselerasi. Ada banyak cara untuk memodifikasi mobil supaya bisa terlihat menarik seperti salah satunya mengganti pelek mobil.

Jika dilakukan dengan tepat, maka tentu bisa membuat mobil anda terlihat lebih sporty, stylist dan tambah menarik. Namun jika salah, maka akan berdampak pada mobil anda. Penggantian pelek mobil bisa dilakukan dengan 2 cara yakni membeli pelek baru dan tukar tambah velg lama dengan yang baru. Jika kebetulan anda ingin mengganti velg mobil, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar bisa bermanfaat dan tidak membahayakan serta mengganggu kenyamanan mengemudi.

1. Perhatikan Diameter Velg

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika ingin mengganti velg mobil adalah ukuran diameternya. Biasanya, pelek mobil memakai diameter 14 hingga 17 inci tergantung dari masing masing jenis mobil. Sebaiknya, pilih ukuran pengganti pelek yang sama ukurannya atau satu tingkat di atas atau dibawahnya. Contohnya jika velg bawaan mobil anda adalah 15 inci, maka bisa diganti dengan diameter pelek ukuran 15 inci atau 16 inci.

Keuntungan dari mengganti pelek dengan dimensi sama seperti sebelumnya adalah masih bisa memakai band yang lama. Namun saat anda mengganti diameter pelek yang berbeda, maka ukuran tebal ban atau aspek rasio juga harus diturunkan supaya ban bisa terlihat sesuai dan tidak menggesek bagian kolong ban.

2. Perhatikan Bobot Velg

Pertimbangan berikutnya yang harus anda perhatikan adalah bobot velg. Beberapa pelek yang bagus memiliki bobot ringan namun sangat kuat. Sedangkan beberapa pelek lain memiliki bobot cukup berat untuk ukuran diameter yang sama. Pemilihan bobot velg ini akan sangat berpengaruh pada performa kendaraan anda dan pelek yang memiliki bobot berat bisa menyebabkan akselerasi mobil jadi semakin lambat.

3. Perhatikan Ukuran PCD

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan sebelum mengganti pelek mobil adalah PCD. PCD atau Pitch Circle Diameter merupakan jarak antara lubang baut dengan lubang baut di sudut 180 derajat. Sebaiknya, pilih pelek mobil dengan ukuran PCD yang sama dengan pelek bawaan atau asli sebab jika anda memilih pelek dengan ukuran berbeda, maka bisa menyebabkan pelek tidak bisa terpasang sebab lubang dudukan baut pelek yang tidak lurus dengan baut roda.

4. Perhatikan Jumlah Lubang Baut Roda

Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah jumlah baut yang terdapat pada masing masing roda. Pakailah velg dengan lubang baut roda yang sesuai dengan pelek aslinya. Meski ukuran PDC sama, namun tidak berarti jumlah lubang baut juga sama dan ini bisa menyebabkan pelek tidak bisa dipasang.

5. Perhatikan Palang Velg

Untuk pilihan beberapa jumlah palang pelek atau disebut dengan spoke dalam istilah roda kemudian sebetulnya tidak terdapat aturan khusus. Ini lebih kepada selera masing masing penggunanya saja. Ada banyak pilihan palak pelek yang bisa dipakai dari mulai 3, 4, 5, 6 atau bahkan lebih.

6. Model dan Warna

Sekarang ini, ada banyak macam model dan juga warna velg mobil yang bisa anda pilih. Ada pelek mobil alloy wheel dengan nuansa warna silver dan ada juga pelek jenis two one color machining alloy wheel. Untuk tipe yang terakhir memiliki dua warna yaitu warna alumunium dan juga ada yang memiliki ornament hitam atau abu abu.

7. Perhatikan Offset Pelek

Anda juga harus memperhatikan offset dari velg yang akan anda gunakan. Offset sendiri adalah jarak antara garis tengah pelek dan juga bagian yang menempel di teromol atau hub roda. Ukuran offset pelek bisa dilihat dari angka yang tertera di sisi dalam pelek.

Sebaiknya, pilihlah ukuran offset pelek pengganti yang sesuai dengan pelek lama mobil anda. Penggantian pelek yang memiliki offset lebih besar nantinya bisa menyebabkan ban terlihat terlalu masuk atau terlalu keluar jika dilihat dari bagian depan kendaraan sehingga sebaiknya dihindari.

8. Perhatikan Lebar Velg

Lebar pelek bisa berpengaruh pada lebar ban yang akan dipasang. Jika lebar dari pelek semakin besar, maka tapak ban ke jalan juga akan semakin luas sehingga mobil bisa lebih stabil ketika berjalan. Sebaiknya, pakai yang satu tingkat lebih lebar jika anda ingin memodifikasinya.

Penggantian velg yang terlalu lebar nantinya bisa berpengaruh pada stabilitas ketika belok yang akan terasa lebih berat dan terkadang juga bisa menyebabkan gesekan antara ban dengan sisi shock absorber di beberapa suspensi.

9. Perhatikan Kemampuan EPS Mobil

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan sebelum mengganti pelek mobil adalah kemampuan EPS mobil anda. Pelek besar dan juga tapak ban lebar bisa memperpendek usia EPS atau Electronic Power Steering. Untuk itu, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan EPS khususnya jika model EPS kecil dan usahakan supaya tidak kelebihan beban.

10. Pilih Toko yang Terpercaya

Sebelum anda memutuskan untuk membeli dan mengganti pelek mobil, maka pastikan juga anda sudah menentukan pilihan toko pelek terbaik. Ada banyak toko yang sebetulnya menjual replika namun sayangnya mereka menyebutnya dengan produk original.

Parahnya lagi, ada juga yang menjual velg rekondisi yang sudah disulap sehingga nyaris terlihat seperti baru. Pelek rekondisi umumnya berasal dari pelek begas yang sudah retak lalu dilas dan dipermak kembali dengan memakai cat dan ini sangat berbahaya serta tentunya merugikan anda sebagai konsumen.

11. Perhatikan Material Pelek

Jika cover mobil terdiri dari anti air dan cover biasa, pelek mobil juga terdiri dari dua macam yakni yang terbuat dari bahan logam ringan dan juga logam berat. Untuk pelek berbahan logam ringan biasanya terbuat dari material billet steel, magnesium atau forged alloy. Sementara material baja adalah bahan yang dipakai untuk membuat pelek dari bahan logam berat.

Bobot material pelek yang ringan tentunya tidak akan terlalu banyak membebani kinerja mesin pada putaran roda serta sistem pengereman mobil. Akan tetapi biasanya bahan pelek dari logam berat lebih unggul jika dilihat dari segi ketahanannya.

12. Perhatikan Spesifikasi Velg

Spesifikasi jelas harus ada pada pelek mobil yang akan anda gunakan lewat pengukuran Pitch Centre Diameter, lebar pelek dan juga offset pelek. Secara berurutan, tiga hal tersebut melibatkan estimasi jarak lubang baut, besar pelek pada profil ban dan juga jarak pinggiran luar pelek pada fender mobil anda.

Selain itu, ada juga macam velg dari mulai tipe one piece sampai three pieces. Kelebihan dari pelek one piece adalah lebih awet jika dibandingkan dengan jenis three pieces. Akan tetapi, ragam pelek three pieces adalah bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pelek one piece.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *