Menu Tutup

Kuliner Bebek Khas Indonesia Paling Enak yang Wajib Dicicipi

Olahan dari daging ayam memang masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Akan tetapi, daging bebek ternyata juga memiliki rasa sangat gurih dan nikmat serta bisa diolah ke dalam berbagai menu dengan rasa yang sangat nikmat. Olahan daging bebek sendiri tidak hanya terkenal dari luar negeri seperti bebek peking saja, sebab Indonesia sendiri ternyata menyimpan hidangan kuliner bebek khas yang sudah masuk dalam sejarah menu asli Indonesia dengan cita rasa tak tertandingi seperti beberapa menu untuk anda penggila hidangan bebek berikut.

Bebek Garang Asem

Bebek garang asem

Bebek Garang Asem adalah salah satu makanan dari bahan bebek khas Indonesia pertama yang harus anda cicipi adalah bebek garam asem yang menjadi resep khas Jawa Pesisir dengan cita rasa asam dan pedas.

Bumbu garang asem yang digunakan terbuat dari racikan bawang merah, bawang putih, belimbing wuluh, tomat hijau, asam, cabai, garam dan juga rempah lainnya.

Potongan daging bebek nantinya akan dimasukkan ke dalam lembaran daun pisang ditambah dengan racikan bumbu kemudian dibungkus dan direbus sekitar 15 menit dan baru bisa disantap.

Bebek Betutu

Bebek betutu

Bebek betutu menjadi hidangan khas berbahan dasar bebek asal Bali yang sudah sangat terkenal. Kata betutu sendiri berasal dari kata tunu yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging bakar sehingga bnisa diartikan jika betutu adalah daging yang dibakar.

Tidak jauh berbeda dengan ayam betutu, bebek betutu ini diberi bumbu dan dimasak dengan bungkus pelepah pisang dan prosesnya membutuhkan waktu selama 12 jam untuk membuat daging bebek matang sempurna, bertekstur lunak dan juga tidak alot.

Bebek betutu ini diolah dengan bumbu khas Bali yang terkenal dengan base genep di semua permukaan daging dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga bebek. Daging yang sudah dibumbui tersebut kemudian direbus atau langsung dibakar sampai menghasilkan aroma yang sangat khas.

Bebek Timbungan

bebek timbungan

Bebek Timbungan juga berasal dari Bali, hidangan bebek yang tidak boleh anda lewati adalah bebek timbungan yang sekaligus juga menjadi salah satu makanan tertua di Bali. Bebek timbungan ini biasanya disajikan menjelang Hari Raya Galungan dengan cita rasa sangat nikmat kaya akan bumbu dan rempah serta tekstur daging bebek yang sangat empuk.

Sama seperti bebek betutu, bebek timbungan ini akan dilumuri dengan base genep dan proses memasaknya cukup lama sebab sesudah diberi bumbu, bebek akan dimasukkan ke dalam bilah bambu lalu ditutup kembali dengan daun pisang dan dikukus sampai matang.

Untuk memasak bebek timbungan ini dibutuhkan waktu sekitar 15 jam supaya bisa mendapatkan tekstur daging bebek yang empuk dan matang dengan sempurna.

Itiak Lado Mudo

itiak lado mudo

Berlanjut ke hidangan bebek nikmat khas Indonesia lainnya adalah itiak lado mudo yang berasal dari tanah Minang. Makanan ini terbuat dari bahan dasar bebek yang diberi bumbu dan campuran lado mudi atai cabai hijau keriting yang sudah dihaluskan.

Sementara bumbu itiak lado mudo sendiri terdiri dari kunyit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan juga cabai hijau. Daging bebek lalu dimasak bersama dengan bumbu dan cabai selama 1 hari 1 malam supaya pedas dari cabai bisa meresap hingga ke serat daging bebek. Uniknya lagi, hidangan bebek khas Sumatera Barat ini juga tidak dimasak bersama dengan santan seperti hidangan lainnya.

Sie Itek

si itiek

Sie itek adalah hidangan bebek khas dari Aceh yang kaya akan rempah. Sie itek atau gulai bebek ini disajikan bersama kuah bersantan kentan layaknya gulai namun dengan aroma rempah yang sangat khas.

Selain memakai bumbu lokal Aceh, sie itek ini juga memakai campuran kecombrang, daun kari, salam koja serta daun pandan sehingga aroma yang dihasilkan juga semakin kuat.

Ada dua macam sie itek khas Aceh yang bisa anda cicipi yakni sie itek merah dan juga sie itek putih. Untuk sie itek merah memiliki rasa yang pedas dari cabai giling, sedangkan sie itek putih memiliki rasa yang gurih dan asin dari kemiri.

Bebek Kuali

bebek kuali

Sama seperti namanya, bebek kuali ini adalah sajian daging bebek yang dimasak dalam kuali dengan kuah kuning kental serta aroma yang sangat khas dan rasanya yang pedas.

Untuk jenis bebek yang digunakan adalah bebek manila yang biasa disebut juga dengan entok bertekstur tebal. Meski begitu, bebek kuali ini tetpat empuk ketika disantap lengkap dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam karena sudah diungkep bersama bumbu di dalam kuali selama 3 jam.

Bebek Garo Rica

Bebek Garo Rica

Manado juga memiliki hidangan bebek khas yang tidak kalah nikmat yakni bebek garo rica. Seperti namanya, bebek ini dibuat bersama bumbu rica rica pedas yang terdiri dari cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, tomat, jahe dan juga kemangi.

Meski bumbu yang digunakan sangat sederhana, namun bebek garo rica ini akan terasa garing di luar dan lembut didalam karena penggunaan bebek muda dalam masakan sebagai kunci kelembutan daging dan rasa khas dari hidangan bebek yang satu ini.

Bebek Songkem

Bebek Songkem

Jika selama ini anda hanya mengenal hidangan khas Madura berupa sate, sebaiknya cicipi juga salah satu hidangan khas Madura lainnya yakni bebek songkem. Kata songkem sendiri memiliki arti sujud yang diambil dari penampilan bebek utuh yang dilipat sehingga kepalanya terlihat seperti bersujud.

Bebek songkem ini juga merupakan olahan bebek yang sangat sehat karena dimasak dengan cara dikukus dan tanpa minyak sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam hidangan bebek ini. Bebek akan dibungkus dalam daun pisang kemudian dikukus selama 3 jam sehingga daging bebek akan sangat lembut dan mudah dilepaskan dari tulangnya.

Untuk bumbu yang dipakai adalah bumbu uleg terbuat dari kunyit, bawang, cabai, tomat dan juga garam yang dilumuri pada daging bebek sehingga akan meresap sesudah dikukus selama 3 jam.

Bebek Hitam

Bebek Hitam

Bebek Hitam seperti namanya, hidangan bebek ini adalah bebek goreng dengan penampilan warna yang hitam. Bebek hitam ini adalah hidangan yang erasal dari Kepahiang, Bengkulu dan warna hitam yang ada pada bebek ini berasal dari bumbu bumbu khusus yang ditambahkan dengan kluwek.

Bebek Suwar Suwir

Bebek Suwar Suwir

Bebek Suwar Suwir merupakan olahan bebek khas Indonesia berikutnya yang harus anda cicipi adalah bebek suwar suwir yang merupakan makanan khas Kota Yogayakarta. Menu bebek ini mempunyai cerita sejarah yang panjang sebab selain menjadi menu favorit Sultan Hamengku Buwono IX, menu bebek ini memang sengaja diciptakan dan dipersembahkan seorang koki asal Belanda yang pernah menjadi juru masak di Keraton Yogayakarta.

Inilah sebabnya kenapa menu bebek khas Yogyakarta ini terlihat seperti sajian ala Eropa atau Western. Bebek suwar suwir ini disajikan dari potongan dada bebek goreng yang diiris rapi dan dihias dengan irisan buah kedondong. Sementara pada bagian bawahnya ditambahkan irisan buah nanas yang dipanggang atau juga bisa tidak serta disiram dengan saus kental dari jus kedondong yang sudah dicampur dengan bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *