Menu Tutup

Cara Efektif Menghilangkan Baret atau Goresan Pada Kaca Mobil yang Kerap Terjadi

Berikut ini cara paling ampuh dan efektif untuk menghilangkan baret atau goresan pada kaca mobil Anda akibat wiper, goresan benda tajam, atau dikarenakan yang lain.

Selain mesin dan juga body mobil, ada bagian lain yang juga sering mengalami masalah yakni bagian kaca mobil. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah goresan atau baret yang tentu akan mengurangi penampilan mobil dan juga penglihatan pengemudi. Jika ini masalah yang kebetulan anda alami, berikut kami punya beberapa cara efektif untuk menghilangkan baret kaca mobil yang tidak butuh biaya mahal dan bisa anda lakukan sendiri di rumah dan juga penyebabnya.

Penyebab Baret Pada Kaca Mobil

Kaca mobil menjadi bagian terpenting dari sebuah mobil yang tidak boleh disepelekan karena goresan tersebut bisa mengganggu penglihatan saat mengemudi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan baret pada kaca mobil, seperti:

Terkena Benda Tajam

Salah satu penyebab dari baret atau goresan pada kaca mobil adalah benda tajam seperti besi, paku dan benda tajam lain yang tanpa sengaja jatuh di bagian kaca mobil anda ketika sedang diparkir.

Akibat Wiper

goresan kaca mobil

Selain untuk membersihkan debu dan pasir yang menempel di kaca mobil bagian depan, wiper juga bisa menyebabkan baret pada kaca mobil anda. Ini bisa terjadi ketika anda menyalakan wiper untuk membersihkan debu atau pasir namun lupa untuk membasahi kaca mobil lebih dulu dengan washer yang kemudian membuat debu atau kotoran tersebut menimbulkan baret atau goresan. Ini bisa semakin parah jika karet wiper sudah keras sehingga mengurangi fungsinya.

Perubahan Suhu Mendadak

Penyebab baret pada kaca mobil berikutnya bisa terjadi karena perubahan suhu yang terjadi secara tiba tiba. Ini menyebabkan kaca berkontraksi atau mengembang yang semakin diperburuk dengan beberapa kesalahan kecil yang sering dibuat seperti meninggalkan mobil terlalu lama di bawah sinar matahari langsung atau menyalakan AC tiba tiba ketika cuaca sedang sangat panas.

Kualitas Kaca yang Buruk

Penyebab berikutnya dari retak atau goresan pada kaca mobil juga dapat terjadi karena lemahnya struktural pada kaca mobil anda. Fraktur tersebut biasanya muncul pertama kali di sekitar tepi kaca depan yang menjadi area paling rentan terhadap keretakan dan bisa juga disebabkan karena salah dalam pemasangan.

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Selain bisa dibawa langsung ke glass detailing, sebetulnya ada beberapa cara untuk menghilangkan baret kaca mobil dengan mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya seperti beberapa cara berikut ini.

Pakai Kompon Mobil

Kompon Kaca Mobil

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi baret pada kaca mobil adalah dengan kompon mobil. Kompon tersebut bisa anda temukan di semua pengguna mobil yang berguna untuk menghilangkan baret ringan.

Caranya adalah dengan mengoleskan kompon di bagian kaca mobil yang baret kemudian gosok dengan perlahan memakai kain lembut. Namun, pemakaian kompon untuk menghilangkan baret kaca mobil ini juga memiliki kekurangan yakni bahan oil based yang bisa membuat kaca mobil menjadi buram ketika terkena hujan. Meski begitu, ini hanya akan terjadi dalam beberapa hari saja dan kaca mobil akan kembali bersih dan bening.

Pakai Cerium Oxide

cerium oxide

Cara menghilangkan baret kaca mobil berikutnya adalah memakai cerium oxide yakni bubuk poleh yang berguna untuk membersihkan dan mengkilapkan kaca. Bubuk poles ini juga bisa anda pakai untuk menghilangkan baret kaca mobil dengan cara membersihkan bagian kaca mobil yang terkena baret dari debu dan kotoran lalu ampelas kaca hingga lapisannya bisa merata.

Ada hal yang harus anda perhatikan ketika mengaplikasikan cerium oxide yakni pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk mengurangi gesekan ketika proses ampelas kaca. Sesudah itu, bersihkan kaca dan tunggu hingga benar benar kering.

Selanjutnya, buat campuran poles kaca dari cerium oxide yang sudah dicampur air sehingga teksturnya tidak terlalu kental namun juga tidak cair. Pada bagian pinggir kaca sebaiknya dialasi dengan koran supaya tidak terkena campuran ini.

Sesudah itu, poles kaca mobil memakai campuran tersebut memakai alat pemoles atau kain lembut. Gosok sedikit keras supaya cairan bisa masuk ke dalam kaca serta mengikir baret atau goresan. Sesudah itu, bersihkan sisa cairan dengan kain lembut sampai bersih.

Pakai Pasta Gigi

Pasta Gigi

Anda juga bisa memakai pasta gigi untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Caranya, ambil pasta gigi lalu usapkan di kain lembut dan langsung usapkan pada baret kaca mobil. Lakukan cara ini berulang kali hingga goresan bisa hilang. Jika sudah selesau, maka langsung bersihkan bekas pasta gigi yang menempel di kaca memakai air bersih.

Cairan Amonia

Cara berikutnya untuk menghilangkan baret kaca mobil yang ringan adalah dengan cairan amonia. Anda bisa mengaplikasikan cairan amonia ini dengan gerakan memutar dan jika sudah selesai segera bersihkan cairan tersebut memakai air bersih.

Sediakan ½ liter air bersih dan 15 ml cairan amonia serta kain bertekstur lembut. Campurkan air dengan cairan amonia sampai benar benar tercampur rata. Celupkan kain ke campuran tersebut dan peras hingga kondisi kain setengah lembab. Aplikasikan dan gosok pada bagian kaca yang baret memakai gerakan memutar. Jika baret masih terlihat, maka ulangi cara ini dari awal kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Pakai Bubuk Poles

Bubuk poles juga bisa anda pakai untuk menghilangkan baret pada kaca mobil dan juga pada body mobil anda. Jika ingin memakai bubuk poles ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu bubuk poles tidak bisa dipakai pada cat mobil selain warna putih dan juga kaca.

Untuk itu jika anda memiliki mobil berwarna biru metalik, merah metalik, hitam, silver dan lainnya sebaiknya hindari cara ini. Ketika anda ingin memakai bubuk poles untuk menghilangkan baret kaca mobil, maka pastikan juga bubuk poles tidak sampai mengenai body mobil supaya tidak timbul bercak putih.

Untuk menggunakan bubuk poles ini cukup mudah yakni bersihkan lebih dulu debu atau kotoran pada kaca mobil memakai lap. Kemudian, siapkan bubuk pemoles dan campur dengan air secukupnya hingga teksturnya seperti pasta. Aplikasikan pada baret di kaca mobil hingga merata lalu amplas dengan sedikit ditekan dan bilas memakai air lalu keringkan dengan sempurna.

Pakai Cairan Pemoles

Selain bubuk poles, cairan pemoles juga anda bisa pakai untuk mengatasi baret pada kaca mobil tanpa harus dibawa ke bengkel. Pastikan untuk tidak mengaplikasikan langsung cairan pemoles tersebut pada kaca mobil namun tuang ke lap lembut yang bersih dan gosok pada baret di kaca mobil anda.

Jika anda langsung mengaplikasikan cairan pemoles pada kaca mobil, maka bisa berdampak buruk yakni membuat semua kaca mobil anda menjadi tergores. Gosok dengan sedikit penekanan pada bagian baret lalu segera bilas dengan air bersih dan lap kemudian keringkan supaya tidak menimbulkan water spot.

Cuci Kaca Mobil

Jika memang baret tidak terlalu besar dan berat, maka cara menghilangkannya bisa dilakukan dengan mencuci mobil khususnya kaca mobil yang akan membuat baret atau goresan pada kaca mobil memudar. Cara ini tentunya menjadi yang termudah untuk menghilangkan baret karena anda hanya butuh air bersih serta shampo mobil saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *