Menu Tutup

Menguak Keindahan Tempat Wisata di Gorontalo

Gorontalo merupakan provinsi yang berdiri tanggal 5 Desember ahun 2000 dengan ibukota Gorontalo dan menjadi provinsi ke-32. Gorontalo kerap dijuluki sebagai kota Serambi Madina sebab terdapat banyak masjid yang unik. Namun ternyata, Gorontalo juga menyimpan banyak lokasi wisata yang indah dan wajib anda kunjungi tidak kalah dari Bali sebab anda juga bisa melihat berbagai hewan dan tumbuhan langka yang hanya ada di Gorontalo.

1. Pulo Cinta Gorontalo

Wisata di Gorontalo pertama yang wajib anda kunjungi adalah Pulo Cinta Gorontalo. Ini merupakan objek wisata bahari yang menyuguhkan berbagai pemandangan alam seperti laut lepas yang jernih dan jika dilhat sekilas akan tampak seperti Maldives atau Maladewa sebab anda bisa menginap di villa yang didirikan di atas laut.

Ada begitu banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di tempat ini dari mulai hopping island, diving, hiking, snorkeling dan juga tracking area Hutan Pesisir Boalemo dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.
  • Tiket Masuk: -.
  • Jam Buka: 24 jam [Seninin – Minggu].
  • Fasilitas: Spot diving, jelajah hutan, hopping island.

2. Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo

Gorontalo memang dikenal dengan sejuta keindahan alam istimewa seperti salah satunya Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo di Pulau Diyonumo, Sumalata Timur, Gorontalo Utara. Pulau ini masih sangat terjaga keasriannya sebab belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain bisa melihat sunset yang sangat cantik, Pulau Diyonumo juga menyediakan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona, sehingga ada banyak kegiatan asyik yang bisa anda lakukan seperti snorkeling dan diving.

  • Alamat: Desa Deme II, Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.
  • Tiket Masuk: Rp.20.000.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

3. Pantai Kurenai

Objek wisata berikutnya yang anda bisa nikmati ketika berkunjung ke Gorontalo adalah Pantai Kurenai. Ini merupakan satu dari 20 spot penyelaman terbaik di Gorontalo dan hampir 80% luas area pantai ini bisa digunakan sebagai spot olahraga diving.

Dengan air laut yang hangat dan arus ombak cukup tenang serta dilengkapi juga dengan karang indah, maka tidak heran jika Pantai Kurenai dijadikan sebagai spot diving kelas dunia.

Lokasi Pantai Kurenai terletak di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Dari Gorontalo, pantai ini berjarak sekitar 13 km dan jika berangkat dari pusat Kota Gorontalo, maka lokasi Pantai Kurenai bisa dikungjungi dalam waktu 30 menit.

Pantai ini juga dibuka selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu dan anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk menikmati keindahan pantai ini. Karena pantai ini bisa dikatakan masih perawan, maka fasilitas yang tersedia juga masih sangat minim sehingga anda disarankan membawa perbekalan yang cukup dari mulai makanan hingga untuk menginap dan menyelam.

  • Alamat: Botubarani, Kabila Bone, Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.
  • Tiket Masuk: -.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].
  • Failitas: Spot Diving.

4. Taman Wisata Laut Olele

Untuk anda yang hobi diving dan snorkeling , wajib mengunjungi salah satu tempat wisata yakni Taman isata Laut Olele di Gorontalo untuk menikmati pemandangan biota laut yang eksotis.

Disini, ada beberapa lokasi diving yang bisa anda coba seperti Goa Jin, Salvador Dali dan juga Coral Pole. Untuk spot diving Goa Jin, akan ada semacam gerbang masuk vertikal berbentuk tegak yang mengarah ke bawah dengan kedalaman sampai 22 meter. Dari pendapat para pecinta diving, spot ini menjadi salah satu spot terbaik yang ada di dunia sehingga harus anda kunjungi.

  • Alamat: Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaen Bone Bolango, Gorontalo.
  • Harga Tiket: Rp.250.000.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

5. Pulau Saronde

Tempat wisata di Gorontalo berikutnya adalah Pulau Saronde. Ini adalah pulau tak berpenghuni sehingga masih terjaga kealamiannya dengan panorama indah luar biasa sehingga banyak wisatawan lokal dan asing yang datang ke Pulau ini untuk liburan.

Daya tarik paling utama dari pulau ini adalah tradisi unik yang akan diadakan setiap tahun yakni lomba adu cepat menggunakan perahu motor yang dilakukan di sekitar Pulau Saronde.

Sedangkan untuk keindahan pulau ini tidak perlu diragukan. Dari mulai hamparan laut biru yang jernih dan awan putih membentang diatasnya membuat suasana pulau tak berpenghuni ini sangat memukau. Untuk anda yang ingin berkunjung, akses juga bisa dikatakan mudah kaena ada transportasi laut yang akan membawa anda untuk berkunjung ke Pulau Saronde tersebut.

  • Alamat: Kepulauan Ponelo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.
  • Tiket Masuk: -.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

6. Wisata Bahari Hiu Paus

Jika anda ingin merasakan sensasi ekstrem berinteraksi dengan mamalia air terbesar laut, maka Wisata Bahari Hiu Paus menjadi tempat yang paling cocok untuk anda kunjungi di Gorontalo. Disini, anda bisa melihat secara langsung hiu paus tutul dari jarak yang sangat dekat dari perahu yang sudah disediakan pihak pengelola.

Pemerintah juga pernah menutup kawasan wisata ini untuk memberikan penyuluhan serta aturan pada pihak pengelola kawasan wisata supaya tetap menjaga kebersihan dan juga keamanan bagi para pengunjung tempat wisata ini.

  • Alamat: Botibarani, Kablia Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.
  • Tiket Masuk: Rp.45.000.
  • Jam Buka: 06.00 – 17.00.

7. Pasir Putih Leato

Untuk anda yang ingin mencari tempat wisata yang tidak bising, maka pantai di Gorontalo ini menjadi pilihan yang paling tepat. Pasir putih ditambah dengan ombak yang tenang membuat siapa saja akan langsung jatuh cinta dengan keindahan pantai ini.

Tidak hanya bisa dijadikan tempat untuk refreshing, namun lokasi wisata ini juga sangat tepat dijadikan lokasi diving karena kondisi airnya yang masih sangat jernih. Mengingat ini adalah lokasi pantai yang masih sangat asri, maka fasilitasnya pun juga tidak ada sebab hanya berupa pantai tenang yang belum erjamah.

  • Alamat: Kayubulan, Batudaa Pantai, Kota Gorontqalo, Gorontalo.
  • Tiket Masuk: Rp.5.000.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin-Minggu].

8. Air Terjun Taluda’a

Pesona wisata Gorontalo berikutnya yang bisa anda nikmati adalah Air Terjun Taladu’a yang letaknya jauh dari pusat kota Gorontalo. Jika anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, maka anda juga harus berjalan kaki beberapa kilometer dengan cara menaiki dan menuruni perbukitan namun sepadan dengan keindahan alam yang bisa anda saksikan sesudahnya.

Ketika anda sampai di lokasi, maka anda akan melihat air terjun lebar dengan air deras yang sangat menyegarkan. Air terjun ini lumayan tinggi sekitar 40 meter dengan debit air yang banyak dan deras sehingga cocok dengan nama air terjun ini yakni taludaa yang berarti airnya besar dan melimpah.

  • Lokasi: Desa Taluda’a, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bulango.
  • Tiket Masuk: Rp.5.000.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *