Menu Tutup

Perbandingan Mitsubishi Eclipse Cross VS Honda CR V 1.5 Prestige

Honda CR V turbo sudah memiliki lawan baru yakni Mitsubishi Eclipse Cross. Dari segi harga, Eclipse Cross masih bisa dikatakan lebih bersahabat namun dengan bekal fitur yang cukup banyak. Lalu, bagaimana perbandingan Mitsubishi Eclipse Cross VS Honda CR V 1.5 Prestige selengkapnya?, simak ulasan dari kami berikut ini.

1. Perbandingan Harga

Perbandingan Mitsubishi Eclipse Cross VS Honda CR V1.5 Prestige yang pertama adalah dari segi harga. Untuk Eclipse Coss dibanderol dengan harga Rp.487 hingga 483 juta dan hanya terdapat satu varian dan perbedaan harga hanya terkait dengan pemilihan warna.

Sementara untuk Honda CR V 1.5 Prestige dibanderol dengan harga yang sedikit lebih tinggi yakni Rp.518.5 juta. Selain itu, ada juga standar Honda CR V turbo yang dibanderol dengan harga Rp.478.5 juta. Namun untuk kelengkapan fitur, varian Prestige lebih layak disandingkan dengan Eclipse Cross.

2. Perbandingan Dimensi

Untuk CR V memiliki dimensi 4.584 x 1.855 x 1.679 mm [PXLXT] dan jarak antar poros roda 2.660 mm. Sedangkan untuk Eclipse Cross adalah 4.405 x 1.805 x 1.674 mm dan jarak sumbu roda 2.670 mm.

Dimensi bodi CR V memang lebih besar, namun kabin Eclipse Cross memberikan ruang kaki dan bagasi yang lebih lega. CR V memiliki dua ekstra jok baris ketiga, namun meski memberikan 7 seater,namun baris ketiga CR V bisa dikatakan termasuk sempit untuk orang dewasa.

3. Perbandingan Performa

Untuk mesin Eclipse 4 siliner 1.499 cc MIVEC plus turbocharger. Tenaganya adalah 150 PS pada 5.500 rpm dan torsi 250 Nm pada 2.000 – 3.500 rpm. Transmisi CVT dengan 8 speed mode sport bisa dioperasikan lewat paddle shift. Sementara untuk kenyamanan dan efisiensi terdapat cruise control adaptif yang bisa menyesuaikan kecepatan pada mobil di depan.

CR V menggunakan mesin 4 silinder 1.498 cc VTEC turbo DOHC bertenaga 190 PS pada 5.600  rpm dan torsi 250 Nm pada 2.000 – 5.000 rpm. Transmisi CVT bisa dioperasikan manual lewat paddle shift di balik lingkar kemudi. Selain itu, ada mode berkendara ECON dan ECO Assist sebagai petunjuk supaya bisa lebih irit.

Sementara cruise control disediakan akan tetapi belum adaptif. Keduanya sama sama memiliki rem cakram di setiap roda dan juga kombinasi suspensi MacPherson Strut dengan multi link. Untuk urusan performa, tenaga CR V lebih besar, namun Eclipse Cross pucak torsinya lebih tinggi dan juga tersedia pada putaran mesin lebih rendah.

4. Perbandingan Eksterior

Untuk perbandingan dari segi eksterior, kelengkapan CR V Prestige menggunakan LED pada semua lampu bagian wajah yakni lampu utama, lampu kabut dan RDL. Sementara pada buritan terdapat lampu kombinasi dengan LED Light Bar, dua corong knalpot dengan sentuhan kromium serta spoiler serta lampu rem terintegrasi. Untuk fitur lainnya juga terdapat pelek alloy 18 inci, spion lipat elektrik, pintu bagasi otomatis atau power tailgate dan juga antena shark fin.

Sementara pada Eclipse Cross menggunakan lampu depan LED proyektor serta lampu siang LED. Untuk lampu kabut masih halogen dan lampu kombinasi LED juga dipasang di buritan. Lampu tersebut terhubung dengan palang spoiler kecil yang membelah bagian atas serta bawah kaca. Di bagian atas juga terdapat spiler tailgate serta antena fin lengkap dengan pelek alloy 18 inci namun sayangnya tidak dilengkapi dengan power tailgate.

5. Perbandingan Interior

Kedua mobil ini sama sama mengandalkan keyless untuk akses kabin. Hal ini juga berlaku pada mesin yakni hanya cukup menekan tombol untuk menyalakan serta mematikan. Bagian kursi sama sama memakai bahan kulit serta didominasi dengan warna hitam.

CR V ditambahkan dengan panel kayu sehingga terlihat lebih mewah, sementara Eclipse Cross terlihat minimalis dengan aksen silver. Keduanya juga sama sama memiliki pengaturan elektrik, namun pada CR V penumpang depan juga dapat diatur elektrik.

Baik CR V dan juga Eclipse Cross bisa diatur tilt dan juga telescopic pada kemudinya. Selain itu, penyejuk kabin kedua mobil ini juga sama yang masing masing sudah otomatis dua zona ditambah dengan panoramic sunroof yang juga tersedia pada kedua mobil ini.

6. Perbandingan Safety

Eclipse Cross memiliki paket yang lengkap yakni tujuh kantong udara, ABS = EBD = BA, rem parkir elektrik dengan Auto Brake Hold, brake overrie system, active yaw control [AYC], active stability & traction control [ASTC], blind spot warning, hill start assist, ultrasonic misacceleration mitigation system [UMS], rear cross traffic alert [RCTA] dan juga forward collision mitigation system [FCM].

Namun sayangnya, Honda CR V belum memiliki paket Honda Sensing dan bekal fitur safetynya hanya berupa enam kantong udara, rem ABS = EBD = BA, rem parkir elektrik dengan Auto Brake Hold, brake override system, vehicle stability control dan juga hill start assist.

Kesimpulan

Soal kelengkapan, memang perbedaan Mitsubishi Eclipse Cross VS Honda CR V 1.5 Prestige tidaklah terlalu besar dan masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda. Namun kelebihan yang dimiliki Honda CR V 1.5 Prestige Turbo harus ditebus dengan harga yang tentunya juga lebih tinggi. Untuk itu dari perbandingan fitir dan harga, Eclipse Cross memang bisa lebih dipertimbangkan jika dibandingkan dengan CR V Prestige.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *