Menu Tutup

Penyebab Mobil Terbakar Ketika Berjalan dan Cara Pencegahannya

Mobil terbakar memang sering menjadi topik pembicaraan dan viral di media sosial. Ada begitu banyak kasus mobil yang terbakar ketika dikendarai dan bahkan sudah memakan korban baik harta dan nyawa. Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi, mobil yang terbakar juga beberapa diantaranya adalah mobil yang berumur relatif muda. Kebakaran mobil sendiri bisa terjadi tanpa disadari oleh pengemudi dimana secara tiba tiba api sudah terlanjur membesar dan membakar semua badan mobil bahkan tak jarang penumpang didalamnya tidak sempat untuk keluar menyelamatkan diri. Lalu sebenarnya, apa saja penyebab mobil terbakar ketika berjalan dan bagaimana cara pencegahannya?, berikut ulasan penting yang harus anda simak.

Penyebab Mobil Terbakar Saat Berjalan

Api bisa muncul sebab ada 3 syarat yang diperlukan sudah terjadi yakni bahan bakar, oksigen dan juga sumber api. Sedangkan kebakaran mobil sering dihubungkan dengan bahan bakar, sistem kelistrikan dan juga sistem pembuangan. Namun yang paling sering adalah yang berhubungan dengan bahan bakar jenis bensin dan berikut adalah beberapa penyebab mobil terbakar saat berjalan yang palign sering terjadi.

1. Kebakaran Mobil Berhubungan Dengan Bahan Bakar

Penyebab kebakaran mobil pertama yang paling umum adalah berhubungan dengan bahan bakar bensin yang diawali dari kebocoran injeksi. Pada rel bahan bakar terdapat injektor dan regulator injektor yang bekerja pada tekanan tinggi.

Pada kedua onderdil tersebut terdapat ring O yang bisa aus akibat umur dan juga suhu. Pada saat ring O sudah aus karena tekanan tinggi pada saat mobil sedang berjalan, maka bahan bakar bisa menyembur keluar dan mengenai apa saja termasuk jalur pengapian seperti koil dan busi yang ada didekatnya.

Hanya butuh sedikit percikan api yang mengenai tumpahan bakan bajkar tersebut, maka mobil anda sudah bisa terbakar tanpa anda sadari. Tidak hanya kebocoran akibat bahan bakar yang merembes ke koil yang sudah aus, namun rembesan bensin yang menyentuh exhaust juga bisa terbakar akibat suhu tinggi.

2. Kebakaran Mobil Berhubungan Dengan Sistem Kelistrikan

Kebakaran mobil bisa terjadi akibat kelistrikan dan sebagian besar memang karena kesalahan manusia seperti salah dalam memasang aki, salah memasang motor strarter seperti kabel longgar, pemasanga lampu tambahan watt besar seperti lampu kabut yang tidak aman, konektor kabel yang terlepas, modifikasi kelistrikan kurang tepat dan sebagainya.

Untuk itulah, memeriksa sistem kelistrikan tidak kalah penting dengan perawatan mobil. Konektor yang kurang pas ketika memasang nantinya bisa terlepas dan menyentuh bodi mobil sehingga konsleting listrik bisa terjadi. Lampu tambahan dengan daya yang besar membutuhkan kabel yang juga besar dan bagus agar tidak terbakar.

Sedangkan untuk aki mobil mempunyai kuat arus atau ampere yang besar sekitar 40 hingga 80 ampere. Jika terjadi kabel korlet meski hanya sedikit, maka bisa menimbulkan percikan api yang besar bahkan kabel juga bisa langsung mengeluarkan api ditambah lagi dengan ceceran minyak atau kebocoran bencin.

Selain itu, pastikan juga hal yang berhubungan dengan aksesoris kelistrikan seperti lampu tambahan dan audio sudah terpasang dengan baik dan dayanya juga jangan sampai melebihi kapasitas dari aki mobil.

3. Kebakaran Mobil Berhubungan Denan Exhaust

Kebakaran knalpot menjadi penyebab kebakaran yang cukup umum pada mobil yang sedang berjalan. Ini bisa terjadi karena sistem pembuangan mencakup semua panjang kendaraan dari mulai mesin sampai bemper belakang yang membuat banyak titik titk panas.

Suhu pembakaran sangat tinggi dan bisa sampai 1300 derajat celcius yang mengalir ke saluran exhaust seperti knalpot. Ketika knalpot tersebut bersentuhan dengan rumput kering, ranting kecil, plastik atau benda lain yang mudah terbakar, maka bisa menimbulkan api ditambah lagi dengan hembusan angin kencang dan tetesan minyak atau bahan bakar dari ring injektor yang sudah aus.

4. Minyak Mobil

Kendaraan terutama mobil tentunya memakai berbagai jenis minyak seperti oli, minyak rem, minyak power steering dan lain sebagainya. Tidak jarang, minyak tersebut bisa merembes dan membasahi berbagai bagian komponin pada mobil yang secara langsung bisa menyebabkan kebakaran kecil.

Selain itu, minyak mobil yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan korosi pada komponen mesin terutama minyak rem dan aki ditambah dengan suhu tinggi dari kap mesin yang bisa mempercepat aus dan menyebabkan kebocoran.

5. Mesin Overheat

Penyebab berikutnya dari mobil yang terbakar ketika sedang berjalan adalah mesin kepanasan atau overheat. Ini bisa terjadi karea sistem pendingin kurang memadai atau memang sudah terjadi masalah seperti air radiator yang habis dan tidak ditambah, radiator bocor, penyumbatan aliran air pendingin, masalah thermostat yang tidak bekerja dengan baik serta masalah kipas pendingin macet atau tidak bekerja dengan baik.

Panas tersebut bisa bertambah dan kebakaran kulit kabel yang akhirnya menyebabkan listrik korslet bisa terjadi ditambah lagi ketika masalah kebocoran bahan bakar terjadi.

Cara Mencegah Mobil Terbakar Ketika Berjalan

Umumnya, kasus kebakaran mobil ketika sedang berjalan bisa dihindari dengan melakukan perawatan yang benar. Namun terkadang, kita sering lalai karena berbagai alasan seperti tidak memiliki waktu atau biaya. Untuk meminimalisir kejadian ini, ada beberapa hal yang sebenarnya bisa anda lakukan, seperti:

1. Lakukan Perawatan Standar Pabrik

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan perawatan standar pabrik termasuk juga rutin mengganti oli. Jika anda terus melakukan perawatan dengan rutin, maka sudah bisa sangat membantu untuk mengurangi risiko kebakaran mobil ketika berjalan.

Jika anda memang rajin memeriksakan kendaraan, maka istilah tune up ke bengkel biasanya akan disarankan jika injeksi mulai ada kebocoran dan harus diganti dengan yang baru.

2. Mengganti Ring O

Ring o mempunyai batasan umur berdasarkan kilometer kendaraan dan jika memang sudah mencapai usia tersebut, maka harus segera diganti. Harga ring O ini memang cukup tinggi, namun untuk kemananan, maka harga tersebut tidak terlalu bermasalah dibandingkan anda harus mengalami kejadian buruk seperti mobil terbakar ketika sedang berjalan.

3. Bersihkan Lelehan Minyak dan Kotoran

Lelehan minyak dan kotoran pada mesin mobil juga harus selalu dibersihkan. Periksa juga jalur jalur pada aki mobil ke kable apakah itu kabel starter atau kabel yang menuju aksesoris atau kontak. Pastikan tidak ada konektor yang longgar atau terlepas atau kabel yang mengelupas.

4. Jangan Tambah Aksesoris Kelistrikan Sendiri

Jika anda memang tidak paham tentang sistem kelistrikan mobil, maka sebaiknya jangan pernah menambahkan aksesoris kelistrikan mobil sendiri. Bahkan sebaiknya, jangan gunakan aksesoris tambahan yang memang tidak begitu penting karena bisa menyebabkan aki cepat habis dan juga berpotensi menimbulkan kebakaran.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mobil Kebakaran

Jika memang mobil yang anda tumpangi mengeluarkan asap atau bahkan api, maka yang harus anda lakukan adalah mematikan mobil dan segera keluar kemudian menyingkir sejauh mungkin sebab kebakaran bisa dengan cepat terjadi dan juga bisa disertai dengan jenis gas beracun penyebab penumpang pingsan dan tidak sempat menyelamatkan diri.

Jika pintu memang sulit dibuka, maka segera pecahkan kaca mobil anda dan jangan berpikir dua kali. Sedangkan jika anda memiliki alat pemadam kebakaran mobil, ini bisa digunakan asalkan anda tidak sedang dalam kondisi yang panik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *