Menu Tutup

Pesona 7 Pantai di Malang Dengan Panorama Unik

Biasanya, wisatawan yang datang ke Malang akan berkunjung ke berbagai wahana liburan seperti Jatim Park, Eco Green Park atau Museum Angkut. Namun sebenarnya, Malang ternyata memiliki begitu banyak pesona pantai yang sangat indah tidak kalah dengan Bali atau Lombok. Setidaknya, ada sekitar 18 pantai di Malang yang sangat cocok untuk dijadikan alternatif liburan yang menjanjikan suasana asri sebab masih tergolong sepi wisatawan dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

1. Pantai Sipelot

Pantai di Malang pertama yang sangat indah dan wajib anda kunjungi adalah Pantai Sipelot yang terletak di Desa Pujiharjo, Tirtoyudo. Meski memang belum terlalu banyak dikenal oleh para wisatawan, namun pantai dengan oanjang sekitar 2 km ini menyuguhkan pemandangan luar biasa dan juga sudah didukung dengan berbagai fasilitas. Dari mulai area parkir, warung makan, toilet sampai mushola bisa dengan mudah anda temukan pada lokasi wisata ini.

Meski pantai terlihat indah, namun disini anda tidak bisa dengan bebas untuk bermain air atau berenang sebab ombaknya yang cukup besar sehingga cukup berbahaya bagi pengunjung. Namun, disini anda masih tetap bisa menikmati banyak aktivitas yang seru dengan berkunjung ke Coban Sipelot.

Air terjun payau ini ada di sisi barat Pantai Sipelot dan akan terlihat sangat cantik ketika sore hari untuk meninkmati pesona matahari terbenam di Pantai Sipelot.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Pantai ini mempunyai garis pantai yang lumayan panjang dengan beberapa spot sehingga bisa anda manfaatkan untuk berpetualang dan menjelajahi bagian pesisirnya.

Jika anda ingin berperahu, anda bisa datang ke Pantai Tengger dan Coban Sipelot. Atau juga bisa ke Watu Gedeg atau Watu Payung dan anda bisa menyewa perahu milik warga sekitar Rp.50.000.

Selain itu, anda juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga yang lebih murah dan juga bisa mencicipi berbagai menu laut yang bisa anda beli di warung dekat pantai.

Pantai ini terdiri dari 3 area yakni bagian tengah yang dipakai sebagai tempat bersandar perahu para nelayan serta bagian kiri dan kanan yang lebih sepi dan mengandung air payau.

2. Pantai Licin

Jika anda ingin menikmati pesona pantai yang unik, maka anda bisa datang ke Pantai Licin. Pantai ini dinamakan Pantai Licin sebab dulu dikatakan jika kondisi pantai memang cukup licin karena vegetasi lumut. Selain itu, pasir Pantai Licin ini juga berbeda dengan pantai di Malang umumnya yang memiliki pasir putih. Pantai licin ini memiliki pasir berwarna hitam dari muntahan lahar Gunung Semeru.

Objek Wisata Pantai Licin

Ada beberapa objek wisata yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Licin ini, seperti:

  • Karang nan Indah

Di kawasan ini, anda bisa melihat berbagai kaang yang berdiri kokoh sehingga bisa memberikan pemandangan yang sangat indah sekaligus unik yang cocok dijadikan spot berfoto.

  • Pasir Warna Hitam

Pasir hitam yang ada di Pantai Licin ini berasal dari erupsi Gunung Semeru pada tahun 1960. Muntahan lahar membuat pasir Pantai Licin yang berwarna putih berubah menjadi hitam sehingga pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Mutiara Hitam.

  • Hasil Laut Berlimpah

Pantai Licin juga memiliki berbagai jenis ikan laut seperti kerapu, kakap, dorang dan lemuru yang bisa dijadikan sebagai olahan sarden dan ini menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat sekitar dan tidak sedikit juga ada pemancing yang bisa anda temui di sekitar pantai ini.

  • Berkemah

Disini, anda juga bisa menghabiskan banyak waktu di area pantai dengan cara berkemah. Karena pada kawasan Pantai Licin ini tidak tersedia penginapan, maka anda haus membawa dan mendirikan tenda sendiri.

Alamat: Area Sawah/Kebun, Lebakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk: Gratis.

3. Pantai Ngliyep

Pantai di Malang berikutnya yang tidak kalah cantik dan menawarkan pesona tersendiri adalah Pantai Ngliyep. Hamparan pasir putih dan juga air laut berwarna biru kehijauan menjadi daya tarik utama pantai ini ditambah dengan hamparan batuan karang berukuran besar di sekelilingnya.

Disini, anda bisa melihat sebuah bukit bernama Gunung Kombang yang dulu digunakan sebagai lokasi ritual pemberian sesajen Ratu Laut Selatan.

Objek Wisata Pantai Ngliyep

  • Jelajah Pantai

Anda bisa melakukan penjelajahan dengan berjalan dari ujung ke ujung untuk menikmatinya birunya warna air laut, angin sepo spoi, hutan dan juga pemandangan yang menakjubkan. Lokasi ini juga cocok bagi anda yang senang membuat video vlog karena memiliki banyak spot bagus dan anti mainstream.

  • Camping dan Menginap

Pantai Ngliyep ini sangat cocok digunakan untuk acara berkemah, malam keakraban dan sejenisnya. Pada malam hari, anda akan disuguhi dengan taburan bintang dan bulan purnama yang akan melengkapi aktivitas menginap di pinggir pantai.

Jika anda tidak ingin menginap di tenda, disini juga tersedia penginapan dengan harga bervariasi dari mulai Rp.100.000 hingga Rp.200.000 tergantung dari fasilitasnya.

  • Wisata Teluk

Pantai Ngliyep  juga mempunyai sebuah teluk cantik dan berbukit yang tidak terlalu tinggi akan tetapi bisa memberikan aksen alam yang mencolok bernama Teluk Putri. Selain bisa menikmati kecantikan teluk, anda juga bisa bersantai sambil ditemani deburan ombak yang cukup besar.

  • Wisata Budaya

Tidak hanya menyajikan wisata pantai, namun Pantai Ngliyep juga memberikan wisata budaya pada hari hari tertentu saja seperti setiap tanggal 14 Rabiuawal. Pada tanggal tersebut akan diadakan ritual Labuhan yang wajib dan sudah dilakukan sejak zaman Mbah Atun yakni orang penemu pertama pantai ini. Selain bisa melihat ritual, nantinya anda juga bisa mencicipi makanan pada acara tersebut yang dipakai sebagai berkat.

Anda juga bisa menyaksikan kesenian jaranan atau jathilan sebagai rangkaian dari acara Labuhan yang disertai juga dengan arak arakan sesaja yang dibawa ke Gunung Kombang.

Alamat: Desa Kedungsalam, Donomulyo, Hutam, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp.15.000.

Fasilitas: Penginapan, WC umum, parkir.

4. Pantai Batu Bengkung

Ini juga merupakan salah satu pantai unik yang ada di Malang sebab dikelilingi dengan dua batu karang berukuran besar dan laut serta pantai yang terbelah oleh bebatuan karang juga cukup tinggi. Bahkan tidak jarang batuan karang berubah menjadi telaga ketika air laut sedang pasang dan telaga tersebut bisa anda pakai sebagai tempat bermain air yang lebih aman.

Posisi Pantai Batu Bengkung menghadap ke arah Barat sehingga sangat tepat dipakai sebagai area melihat matahari terbenam ketika sore hari.

Objek Wisata

Ada banyak kegiatan yang bisa anda nikmati di Pantai Batu Bekung ini, seperti:

  • Belajar Sejarah Penamaan Pantai Batu Bengkung

Nama Batu Bengkung ini behubungan dengan bebatuan yang mengelilingi pantai. Bebatuan ini menjadi pelindung yang kemudian akan membentuk kolam air alami. Gugusan bebatuan membentuk lengkungan yang jika dilihat seperti seorang wanita dibengkung sehingga akhirnya dinamakan dengan Batu Bengkung.

  • Bermain Air di Kolam Alami

Seperti yang sudah disebutkan diatas, disini anda bisa bermain air di kolam alami yang terbentuk dari batu karang dengan air berwarna biru jernih. Meski ombak di pantai ini cukup besar, namun terkadang anda masih diperbolehkan untuk berenang tergantung dari angin dan juga ombak.

  • Menikmati Panorama di Atas Tebing

Ada kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan yakni menikmati panorama dari atas tebing. Jika anda memiliki jiwa petualang, anda bisa memanjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat untuk melihat pemandangan pantai lebih sempurna.

  • Kuliner Seafood

Tentunya akan terasa kurang jika berkunjung ke pantai tanpa mencicipi kenikmatan kuliner seafood. Di Pantai Batu Bengkung, anda bisa mencicipi segala hidangan seafood di warung makan dai mulai ikan asam manis, keppiting saus pedas dengan harga yang ramah kantong.

Alamat: Jalur Lintas Selatan, RT 42/RW 05, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp.7.500.

Biaya Parkir: Rp.5.000 – Rp.10.000.

Fasilitas: Mushola, kamar mandi, toilet dan warung makan.

5. Pantai Watu Leter

Selain bisa menikmati pemandangan pantai, di Pantai Watu Leter ini anda juga bsa melihat habitat penyu abu abu. Ombak yang tentang lengkap dengan pasir lembut sangat sempurna dijadikan sebagai tempat pelestarian penyu abu abu ini yang masih tergolong sepi wisatawan sehingga akan terasa sangat asri.

Selain itu, anda juga bisa melihat batuan karang di pesisir pantai yang juga menjadi asal usul penamaan Pantai Watu Leter. Disini, ada sebuah karang berbentuk datar yang dalam bahasa Jawa disebut dengan leter.

Disini, anda akan melihat kedatangan penyu yang akan bertelur serta penyu kecil yang pergi ke laut. Kejadian langka ini salah satunya bisa anda nikmati di pantai indah ini.

Objek Wisata

Ada beberapa objek wisata yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Watu Leter, seperti:

  • Menyusuri Hutan Bakau

Anda bisa menyusuri hutan bakau lengkap dengan air payau yang bisa memberikan pemandangan unik. Disini juga terdapat tempat muara Sungai Sitiarjo yang bisa anda susuri dengan perahu sambil menikmati keindahan hutam bakau dari dalam.

  • Snorkeling

Snorkeling memang menjadi kegiatan umum yang bisa dilakukan di pantai termasuk di Pantai Watu Leter ini. Keistimewaan yang bisa anda rasakan disini adalah warna air yang sangat jernih sehingga snorkeling akan terasa semakin menyenangkan untuk melhat terumbu karang di bawah laut.

  • Melihat Penyu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ini merupakan pantai tempat penyu bertelur karena masih sepi sehingga dijadikan pusat ekowisata untuk pelestarian penyu yang tidak bisa anda temukan di daerah lain.

Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp.10.000.

6. Pantai Bajulmati

Penamaan Pantai Bajulmati yang berada di Desa Gajahrejo ini berasal dari kisah yang menarik. Sekitar tahun 1890, masyarakat setempat menemukan seekor buaya yang mati di pesisir pantai dan dalam bahasa Jawa, buaya disebut dengan bajul sehingga pantai ini akhirnya dinamakan dengan Pantai Bajulmati.

Disini, anda bisa menemukan beberapa buah teluk yang terbentuk dari batu karang. Disini juga terdapat Gua Wil pada sisi timur pantai yang bisa anda jelajahi. Meski nama Pantai Bajulmati terkesan angker, akan tetapi pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dari mulai pasir putih, bersih dari sampah dan juga dikelilingi dengan karang berbentuk indah.

Objek Wisata Pantai Bajulmati

Ketika anda menyusuri Pantai Bajulmati, maka anda bisa menemukan berbagai kegiatan yang mengasyikkan, seperti:

  • Jembatan Bajulmati

Sebetulnya, jembatan ini ada sebelum anda sampai ke lokasi pantai. Dengan bentuk yang artistik dan latar belakang panorama perbukitan nan indah, banyak pengunjung yang kemudian menggunakan jembatan ini sebagai lokasi selfie.

  • Keindahan Muara Sungai

Karena letaknya di pesisir Selatan Jawa, Pantai ini mempunyai ombak yang tinggi serta angin kencang sehingga tidak disarankan untuk berenang. Namun jika anda masih ingin bermain air di tempat yang tenang, maka anda bisa pergi ke muara sungai yang banyak digunakan paa wisatawan sebagai tempat bermain air.

Pertemuan air sungai dengan warna hijau dan air laut yang berwarna biru membuat muara sungai ini memberikan fenomena warna alami yang sangat cantik.

  • Karang Berbentuk Buaya

Selain memiliki cerita asal usul berhubungan dengan buaya, disini juga ada sebuah karang memanjang yang berbentuk seperti buaya. Bahkan ketika malam hari, karang berbentuk buaya ini akan terlihat seperti buaya raksasa yang sering dihubungkan dengan buaya putih yang mati ketika melawan Nyi Roro Kidul.

Alamat: Jalan Lintas Selatan RT/RW 42/05, Gajahrejo, Umbulejo, Gedangangan, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp.4.000.

Parkir: Rp.3.000.

Fasilitas: Kamar mandi, toilet dan parkir.

7. Pantai Goa Cina

Untuk pergi ke Pantai Goa Cina ini, anda hanya harus menempuh sekitar 10 menit perjalanan dari Pantai Bajulmati yang sebelumnya bernama Pantai Rowo Indah. Akan tetapi pada sekitar 20 tahun yang lalu, ditemukan mayat serta tulisan cina di dinding gua sekitar pantai sehingga dinamakan menjadi Pantai Goa Cina.

Pemandangan di Pantai Goa Cina ini sangat spektakuler karena terdapat tiga pulau karang di pesisir pantai bernama Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan juga Pulau Nyonya. Meski laut sangat indah, anda tidak diizinkan untuk berenang karena ombak disini cukup besar.

Objek Wisata Pantai Goa Cina

Berikut ini akan kami berikan beberapa objek wisata yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Goa Cina:

  • Keindahan Pantai

Pantai ini sangat terkenal karena masih terlihat alami dari pemandangannuya dan juga air laut yang sangat jernih. Pasir pada pantai ini berwarna putih dilengkapi dengan barisan pohon cembirit dan ketapang yang semakin memperindah pemandangan pantai.

  • Berkunjung ke Goa Bisu Cina Bertapa

Di bagian tengah pantai, ada 3 buah karang besar yang diselimuti dengan rumput sehingga terlihat seperti pulau. Salah satunya adalah Pulau Goa Cina yang merupakan tempat biksu bertapa sampai akhir hayatnya. Untuk pergi ke goa tersebut, anda harus berhati hati karena akan melewati jalan yang sempit serta menaiki batuan karang. Selain menjadi tempat biksu bertapa, goa ini juga dijadikan tempat ritual masyarakat untuk meminta berkah dan keberuntungan dengan syarat membawa batang pepaya.

  • Arus Laut Tiga Arah

Pantai ini masuk ke dalam gugus Pantai Selatan sehingga arusnya juga sangat deras. Akan tetapi, arus tersebut bisa menjadi gelombang yang unik bersimpangan dari tiga arah yakni timur, selatan dan juga barat yang kemudian saling bertabrakan di antara Pulau Nyonya dan Batengan sehingga akan menimbulkan suara yang bergemuruh.

Alamat: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket: Rp.4.000.

Parkir: Rp.5.000.

Fasilitas: Mushola, toilet, warung makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *