Menu Tutup

Pilihan Model Sekat Atau Pembatas Ruangan yang Cocok Untuk Hunian Minimalis

Semua orang sangat membutuhkan privasi bahkan di antara anggota keluarga untuk menciptakan suasana tenang saat bekerja, berbincang dengan tamu dan lain sebagainya dan masalah ini sering terjadi pada hunian yang kecil karena antara ruang satu dengan yang lain tidak diberikan pembatas tembok.

Untuk mengatasi masalah ini, keberadaan sekat ruangan sangatlah penting agar bisa menjaga privasi tersebut. Partisi ruangan pada hunian yang minimalis sebaiknya dibuat menjadi multifungsi atau mempunyai ukuran yang tipis agar tidak memenuhi ruangan. Berikut ini, kami punya beberapa model pembatas ruangan untuk rumah mungil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing penghuni.

Sekat Ruangan Dengan Tempat Penyimpanan Tambahan

Sekat Ruangan

Sekat ruangan pertama untuk hunian kecil adalah sekat multifungsi yang tidak hanya digunakan untuk membatasi ruangan namun juga sebagai tempat penyimpanan. Selain bisa digunakan untuk menggantung pakaian, pada sekat multifungsi ini juga memiliki beberapa laci dan rak yang bisa anda pakai untuk menyimpan dan memajang berbagai benda.

Model partusi ruangan ini terbuka dengan gaya minimalis sehingga ruangan yang sebenarnya sempit bisa terlihat lebih lega. Sekat ini sangat tepat digunakan untuk hunian kecil seperti apartemen studio untuk memberi batas antara area kamar tidur dengan ruang makan serta ruang tamu.

Sekat Portabel yang Bisa Digunakan Saat Dibutuhkan

Sekat Ruangan Portabel

Sekat ruangan multifungsi selanjutnya yang bisa anda gunakan dan cocok untuk hunian mungil adalah sekat portabel yang bisa anda gunakan pada saat dibutuhkan. Ada kalanya anda harus memakai sekat ketika membutuhkan privasi dan juga di lain waktu ingin menyingkirkan sekat tersebut agar ruangan terasa lebih lega untuk menyambut tamu yang berkunjung.

Model pembatas ruangan yang fleksibel ini menjadi inspirasi terbaik karena bisa diatur sesuai dengan kebutuhan anda karena sifatnya yang non permanen atau tidak tertanam ke dinding maupun lantai.

Anda bisa membentuk sekat sesuai dengan bentuk ruangan yang ada saat akan digunakan. Sesudah itu, anda bisa melipat sekat tersebut dan disimpan pada sudut kosong dengan desain modern minimalis.

Jika anda tidak ingin repot membentuk sekat setiap kali dibuka, maka anda bisa memakai sekat ruangan model lipat seperti gambar di atas. Pilihlah desain sekat yang sesuai dengan gaya interior hunian anda agar tidak terlihat out of place.

Sekat Ruangan dari Variasi kerajinan Tali

sekat ruangan tali

Sekat ruangan tidak harus terbuat dari material yang padat, namun anda juga bisa memanfaatkan material lain yang lebih lembut seperti tali. Contohnya, anda bisa memakai kerajinan makrame berukuran besar lalu gantung di area yang anda inginkan.

Untuk anda yang senang membuat kerajinan tangan, maka cobalah untuk membuatnya sendiri dan sesuaikan ukuran sekat ruangan tersebut dengan kebutuhan. Model sekat makrame ini juga tepat digunakan untuk hunian bergaya Skandinavia atau tropis berukuran kecil.

Sekat Ruangan Sekaligus Tempat Pajangan Dekorasi

Tempat Pajangan Dekorasi

Jika anda menyukai kesan yang minimalis atau tradisional, maka anda bisa memakai partisi ruangan dari tali rami berdiameter besar yang disusun ke samping dengan rapi.

Sekat ruangan ini adalah furniture yang multifungsi dan wajib ada di setiap hunian kecil seperti salah satunya adalah rak pajangan yang bisa dijadikan juga sebagai sekat ruangan. Pilihlah rak pajangan terbuka seperti gambar di atas agar pajangan bisa dinikmati dari dua sisi ruangan yang berbeda.

Untuk anda yang ingin memiliki sekat ruangan sekaligus membuat ruangan di rumah anda terlihat lebih hidup, maka sekat ruangan dari tanaman multifungsi menjadi pilhan yang tepat agar terlihat lebih asri.

Sekat Ruangan Tanaman Multifungsi

partisi ruangan tanamam

Anda bisa memakai sekat ruangan berbentuk berbagai macam tanaman agar hunian anda yang kecil terlihat lebih asri. Ini bisa berupa tanaman vertikal dan anda bebas menentukan tanaman hias yang ditata sedemikian rupa membentuk dinding untuk penyekat ruangan.

Jika anda tidak ingin repot dengan perawatan tanaman, maka anda bisa memakai sekat ruangan yang terbuat dari tanaman palsu sehingga tidak perlu disiram atau dipangkas namun sudah bisa menghadirkan suasana yang asri di hunian mungil anda.

Sekat Ruangan Dengan Celah Penerangan Model Jeruji

partisi ruangan jeruji

Sekat ruangan dengan bentuk jeruji juga sangat cocok untuk hunian kecil karena tidak memakan banyak tempat atau menciptakan kesan ruangan yang semakin sempit karena adanya celah celah kecil pada sekat tersebut.

Menggunakan sekat ruangan dengan celah untuk penerangan model jeruji ini nantinya juga akan memberikan pencahayaan yang menyebar ke semua ruangan rumah anda.

Untuk interior hunian minimalis atau Skandinavia, maka pakai sekat jeruji yang terbuat dari tiang tiang kayu. Meski warnanya polos, namun tampilannya sudah cukup mempercantik hunian anda.

Jika anda ingin kesan yang lebih modern atau elegan, maka anda bisa memakai sekat ruangan teralis besi yang dipilin berbentuk jeruji sehingga akan semakin cantik ketika terkena cahaya.

Sekat Ruangan Dengan Tirai

Pembatas Ruangan Tirai

Tidak hanya bisa digunakan untuk menutupi jendela, namun tirai juga bisa anda sulap sebagai sekat ruangan. Material kain yang ringan akan membuat sekat ruangan ini lebih mudah untuk dibuka dan ditutup kapanpun anda butuhkan.

Untuk pemilihan warna, nantinya bisa disesuaikan dengan selera serta gaya interior hunian anda. Sebagai contoh tirai sheer bisa memberikan kesan lebih lembut dan terang ke dalam ruangan.

Sekat Ruangan Batang Bambu

sekat ruangan bambu

Untuk memberikan suasana natural pada ruangan yang mungil, sekat ruangan dari batang bambu sangat cocok untuk digunakan. Susunan batang bambu yang secara rapi atau acak dengan sudut kemiringan dan diameter yang berbeda nantinya bisa menghadirkan berbagai macam gaya dan suasana dalam ruangan.

Sekat ruangan ini bisa dikombinasikan pada ruangan bergaya interior oriental untuk menciptakan visual yang sangat menarik. Selain itu, interior bergaya natural juga sangat pas menggunakan sekat ruangan batang bambu seperti ini.

Sekat Ruangan Potongan Pipa Paralon

Partisi ruangan paralon

Pembatas ruangan berikutnya yang cocok diaplikasikan pada ruangan kecil adalah sekat yang terbuat dari potongan pipa paralon. Sekat ini sebenarnya juga bisa anda buat sendiri karena rendah budget dan bisa dikreasikan sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

Untuk sekat ruangan yang rapat, anda bisa memakai potongan pipa paralon berdiameter kecil. Sedangkan untuk potongan pipa paralin berdiameter besar bisa anda pakai untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih terbuka seperti untuk sekat kamar mandi khususnya kamar mandi minimalis.

Menggabungkan bermacam ukuran pipa paralon juga bisa menjadi salah satu opsi untuk menghasilkan sebuah partisi ruangan modern dinamis yang tidak hanya menjadikan ruangan lebih estetis tapi juga sangat mudah dibuat dan tidak butuh biaya terlalu banyak.

Sekat Ruangan dari Pigura Foto

sekat ruangan pigora foto

Dibandingkan meletakkan berbagai pigura foto dinding, anda bisa memanfaatkan berbagai foto kenangan tersebut menjadi sekat ruangan yang kreatif dengan cara menyatukan berbagai bingkai foto tersebut dalam rangka kayu atau besi.

Tidak hanya bisa dijadikan sekat ruangan yang menarik, namun kehadiran kolase bingkai bingkai foto tentunya akan membuat ruangan ruangan kecil di hunian anda terkesan lebih homey.

Anda juga bisa menambahkan engsel putar supaya bingkai bingkai foto tersebut bisa diputar sesuai dengan arah yang anda inginkan. Anda juga dapat mencetak foto dengan warna senada seperti hitam putih atau sephia sehingga ruangan mungil bisa terlihat lebih estetis dan juga artistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *