Menu Tutup

Selain Bromo, Ini 9 Destinasi wisata Lumajang yang Spektakuler

Jika anda ingin mencari destinasi wisata selain Bromo, Surabaya dan Malang, sebaiknya cobalah mengunjungi wisata yang ada di Lumajang. Berjarak sekitar dua jam perjalanan darat dari Surabaya, ternyata Lumajang menyimpan pesona alam yang sangat spektakuler. Tidak hanya sekedar nuansa alam pegunungan yang asri dan hijau, namun pantai yang mempesona, suasana goa sarat akan misteri juga bisa anda temukan disini sehingga bisa dikatakan jika Lumajang merupakan destinasi wisata yang lengkap. Bagi anda yang tertarik, berikut akan kami berikan destinasi wisata Lumajang yang spektakuler selain Bromo.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Salah satu ai terjun mempesona Indonesia ternyata juga ada di Lumajang yang bahkan menghadirkan pemandangan luar biasa dibandingkan dengan air terjun Niagara di perbatasan negara bagian New York dengan provinsi Ontario, Kanda tersebut.

Air terjun ini memiliki aliran air yang melingkar dan masuk ke dinding tebing kemudian membentuk efek tirai yang sangat unik. Anda juga akan merasakan sejuknya udara disini serta pemandangan alam menyenangkan yang menyempurnakan daya tarik Air Terjun Tumpak Sewu.

Jika anda ingin melihat pemandangan yang jauh lebih eksotik, maka anda bisa turun ke lembah dan melihat langsung panorama air terjun dari bawah.

  • Lokasi: Jalan Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Rp.10.000 per orang.

2. Coban Sriti

Satu lagi desinasi wisata Lumajang berupa air terjun yang juga harus anda kunjungi yakni Coban Sriti dengan kealamiannya yang masih terjaga dengan baik meski anda juga membutuhkan usaha ekstra untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini.

Coban Sriti ini memberikan pesona alam yang sangat megah dengan air terjun setinggi 120 meter dari dua aliran sungai yakni Sungai Besukbang dan juga Glidik atau Sungai Lengkong. Kesan megah dari air terjun ini terjadi karena lokasi jatuhnya air Coban Sriti yang ada di tebing hijau di sekelilingnnya.

Ketika sedang musim hujan, maka debit dari air Coban Sriti akan semakin besar sehingga pengunjung disarankan untuk tidak mandi di bawah air terjun tersebut. Namun jika ingin sekedar membasuh kaki atau menikmati pemandangan, maka masih diperbolehkan.

  • Lokasi: Dusun Pronojiwo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Gratis.

3. Air Terjun Kapas Biru

Memang ada beberapa destinasin wisata Lumajang berupa air terjun, namun jika anda ingin melihat air terjun yang anti mainstream, maka air terjun Kapas Biru ini adalah jawabannya yang terletak di tengah rimbunan pohon hiau serta tebing yang tinggi menjulang.

Air Terjun Kapas Biru ini diambil dari aliran air terjun yang sangat deras dan berwarna putih sehingga menyerupai kapas. Sedangkan biru diambil dari kesan warna kebiruan apabila anda melihat air terjun dari kejauhan. Pesona air terjun ini semakin lengkap dengan kehadiran tebing tinggi warna gelap yang dihiasi berbagai tumbuhan hijau disekitarnya serta udara sejuk dan dingin yang menambah sensasi tersendiri.

  • Lokasi: Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Gratis.

4. Kebun Teh Kertowono

Kebun Teh Kertowono adalah destinasi wisata Lumajang yang bisa anda kunjungi untuk menjelajahi jejak peninggalan Belanda. Kebun teh yang terletak di lereng Semeru ini tidak hanya memberikan pemandangan hijau menenangkan dan udara segar, namun juga mempesona.

Disini, anda bisa belajar tentang pemrosesan daun teh sampai menjadi produk siap minum dari mulai memetik, menyortir dan juga mengemas daun teh kemudian minum teh dari hasil perkebunan tersebut. Selain menikmati pemandangan dan mengikuti proses pengolahan daun teh, disini anda juga bisa berwisata sejarah.

Kebun teh ini merupakan peninggalan Belanda yang sudah ada sejak tahun 1910. Ada beberapa bangunan peninggalan Belanda yang juga bisa anda sewa untuk menginap sambil menikmati matahari terbit di keesokan paginya.

  • Lokasi: Poli, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 per orang.

5. Air Terjun Kabut Pelangi

Wisata Lumajang berikutnya berupa air terjun yang bisa anda kunjungi adalah Air Terjun Kabun Pelangi. Tidak hanya sekedar menikmati keindahan air terjun, namun disini anda juga bisa mellihat halimun ataun kabut tipis dan juga pelangi yang menambah keindahan lokasi wisata di Lumajang ini.

Pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah dan berkesan ditambah dengan udara segar dan sejuk di area ini. Namun, anda juga membutuhkan usaha ekstra agar bisa sampai ke lokasi ini karena medan yang harus anda tempuh cukup sulit. Air terjun ini juga mengalir dengan deras ditambah dengan pemandangan alam nan hijau yang menenangkan sehingga akan terlihat cantik ketika diabadikan dalam foto.

  • Lokasi: Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 per orang.

6. Pura Mandara Giri Semeru Agung

Tidak hanya wisata air terjun, namun di Lumajang anda juga bisa mengunjungi pura tertua yang ada di Indonesia yakni Pura Mandara Giri Semeru Agung. Meski memang ada banyak pura di Bali, namun pastikan anda mengunjungi pura tertua yang ada di nusantara ini dimana anda bisa datang ke kaki Gunung Semeru.

 Sama seperti pura di Bali, Pura Mandara Giri mempunyai arsitektur yang sama meski terdapat juga sentuhan arsitektur khas dari Majapahit. Anda akan melihat bale gajah, pendapa dan juga melihat berbagai aktivitas keagamaan yang diselenggarakan pada beberapa waktu tertentu. Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka di sekeliling pura ini juga akan terasa sangat sejuk.

  • Lokasi: Jalan Serma Dohir, Sumberagung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Gratis.

7. Antrukan Pawon

Antrukan Pawon adalah tempat wisata di Lumajang berupa air terjun yang ada di dalam goa. Air terjun ini mengalir ke sebuah ceruk atau lubang bumi yang berbentuk seperti goa. Keunikan dari tempat wisata ini adalah goa yang berbentu seperti dapur atau dalam bahasa Jawa disebut dengan pawon sehingga air terjun ini dinamakan dengan Antukan Pawon.

Disini, anda bisa melihat pemandangan alam yang eksotis dimana dapur atau pawon goa dialiri dengan air sehingga terlihat seperti tirai dan jatuhnya air berubah menjadi aliran sungai di dalam goa yang menuju ke hilir sehingga area ini bisa dijadikan spot foto yang sangat cntik.

  • Lokasi: Pucangalit, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Gratis.

8. Goa Tetes

Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan goa yang tidak pernah kering yang konon air terjun dan goa karst di dalamnya menghasilkan sumber air yang tidak pernah kering. Goa Tetes di Lumajang ini merupakan goa karst yang tersembunyi di balik air terjun dengan bentuk sangat unik serta memberikan pemandangan alam yang sangat mempesona bahkan terlihat seperti lukisan.

Goa ini terbentuk secara alami dimana erosi air yang terjadi terus menerus kemudian membentuk lanskap  unik dan terdapat juga sebuah kolam cantik yang sangat tepat digunakan untuk berfoto.

  • Lokasi: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Rp.5.000 per orang.

9. Watu Godeg

Selain memberikan destinasi wisata berupa air terjun, pegunungan dan juga goa, Lumajang juga memiliki destinasi wisata berupa pantai yakni Pantai Watu Godeg. Pantai Watu Godeg di Lumajang ini dikelilingi dengan tebing tebing yang tinggi serta pasir hitam dan beberapa batu besar yang mengagumkan.

Selain itu, disini juga terdapat beberapa kolam rawa yang semakin menambah eksotik suasana pantai ini. Sedangkan yang menjadi landmark paling utama dari pantai di Lumajang ini adalah batu karang yang menjulang di bagian pinggir pantai. Uniknya lagi, batu karang tersebut terlihat seakan bergoyang ketika sedang diterjang ombak.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang memukau, anda juga bisa bermain di pinggirn pantai atau untuk berwisata kuliner karena ada beberapa warung yang menjual ikan bakar disini.

  • Lokasi: Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket: Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *