Menu Tutup

Tempat Wisata di Banjarmasin Dari Mulai Pasar Terapung Hingga Jajaran Pulau

Banjarmasin adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapat julukan Kota Seribu Sungai karena memang sebagian besar wilayahnya adalah delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil atau delta yang dipisahkan dengan beberapa sungai seperti Pulau Kelayan, Pulau Taatas, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan dan lain sebagainya. Tidak hanya kaya dengan jajaran pulau, namun Banjarmasin ternyata juga menyimpan sejuta pesona tempat wisata yang indah tidak kalah dengan provinsi lainnya seperti destinasi wisata berikut yang paling kami rekomendasikan.

1. Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Tempat wisata Banjarmasin pertama yang wajib anda kunjungi adalah Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin yang sekaligus juga menjadi pasar terapung tertua di Indonesia. Dalam pasar tersebut, semua proses jual beli akan dilakukan dari atas perahu dan aktivitas ini sudah berlangsung dari 400 tahun lalu yang hingga sekarang masih terus dilakukan.

Di pasar terapung ini, anda bisa menemukan berbagai macam kebutuhan dari mulai kebutuhan harian, makanan, hasil pertanian hingga pakaian. Yang paling menarik dari pasar terapung ini adalah tongkat dengan ujung kawat yang digunakan untuk mengambil barang yang akan dibeli karena sulit untuk mendekatkan perahu yang dinaiki.

  • Lokasi: Jalan Kuin, Kelurahan Kuin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.60.000 – Rp.80.000 sewa kelotok.
  • Jam Buka: 04.00 – 07.00.

2. Pulau Kembang

Pulau Kembang juga menjadi tempat wisata Banjarmasin yang sangat terkenal. Pulau ini terletak di tengah tengah Sungai Barito yang menjadi tempat habitat monyet serta beberapa jenis burung. Menurut warga lokal, disini juga ada seekor monyet besar yang merupakan raja dari monyet.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, maka sebaiknya lebih berhati hati dengan barang bawaan anda karena monyet yang ada disini sering penasaran dan melihat segala barang bawaan anda. Sebaiknya, siapkan juga makanan ringan atau buah buahan untuk mengalihkan perhatian monyet monyet tersebut dari tas anda.

Ada hal menarik lain yang bisa anda nikmati di tempat ini, yakni sebuah kuil dan juga altar dengan arca berbentuk monyet putih atau Hanoman yang oleh orang Tionghoa dipakai untuk meletakkan sesaji ketika waktu tertentu.

  • Lokasi: Sungai Barito, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kaalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: WNI [Rp.5.000 per orang], WNA [Rp.100.000 per orang].
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

3. Pantai Jodoh

Seperti namanya, lokasi ini memang sering digunakan para muda mudi untuk mencari jodoh yang sekaligus juga menjadi pilihan destinasi wisata ketika berkunjung ke Banjarmasin. Pantai ini menjadi spot yang sangat menarik untuk sore hari di Banjarmasin.

Karena penamaan pantai ini sangat unik, maka banyak turis yang kemudian mengunjungi area yang juga sering disebut dengan pantai pemberi  jodoh dan pantai untuk pasangan menikah atau bahkan sering digunakan untuk foto pre wedding.

  • Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman [Depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin].
  • Tiket Masuk: -.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

4. Air Terjun Bajuin

Tidak hanya pantai, Banjarmasin juga mempunyai objek wisata air terjun seperti salah satunya adalah Air Terjun Bajuin yang ada tepat di kawasan pegunungan Maratus. Air terjun ini tidak kalah indah dengan air terjun lain yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Disini, anda akan menyaksikan panorama pegunungan yang sangat indah dan eksotik serta udara yang sangat sejuk karena ada begitu banyak pohon yang ada di sekitar air terjun. Air terjun ini mempunyai tiga tingkatan dengan ketinggian yang berbeda beda.

Hal yang menarik, disini juga anda bisa melihat berbagai jenis burung serta tanaman anggrek hutan dan bunga bangkai. Air terjun ini juga sudah dikelola dengan baik serta berkembang dari tahun ke tahun yang bisa dilihat dari pengubahan kawasan air terjun menjadi ekowisata alam seperti traking, hiking dan juga climbing.

  • Lokasi: Desa Sungai Bakar, Bajuin, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.10.000.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].
  • Fasilitas: Area parkir yang luas.

5. Wisata Susur Sungai Naik Kelotok

Jika anda kebetulan pergi ke Banjarmasin, jangan lupa juga untuk berkunjung dan merasakan pengalaman aktivitas seru menelusuri Sungai Martapura dai atas perahu atau yang disebut dengan kelotok. Disini, anda bisa berkeliling sungai selama lima menit memakai perahu tradisional Kalimantan yang dinamakan kelotok tersebut yang bisa dipastikan akan memberikan sensasi seru dan pengalaman menarik.

  • Lokasi: Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.5.000 [15 menit].
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].
  • Fasilitas: Sewa kelotok.

6. Taman Wisata Alam Pulau Bakut

Selain terkenal dengan Pulau Kembang, Banjarmasin juga memiliki pulau lain yang tidak kalah indah yakni Pulau Bakut. Pulau berukuran kecil ini terletak di bawah Jembatan Barito dengan luas sekitar 18 hektar dan termasuk ke dalam taman wisata alam yang dihuni berbagai hewan dan juga tumbuhan adaptif terhadap pasang surutnya air.

Untuk menuju pulau ini, anda harus memakai perahu motor dari Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam perjalanan. Selain itu, anda juga bisa menuju ke Pulau Bakut memakai speedboat dari Banjarmasin dengan waktu perjalanan sekitar 20 menit.

  • Lokasi: Marabahan Baru, Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.5.000.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

7. Pulau Kaget Asylum Margasatwa

Pulau Kaget Asylum Margasatwa adalah rumah bagi bekantan asli Kalimantan.Di tempat ini, anda akan melihat bekantan, monyet berhidung panjang yang sangat unik, langka dan hanya ada di Kalimantan yang hidup bebas di Hutan Rambai pohon.

Anda juga bisa menikmati asrinya suasana pulau karena penuh dengan pepohonan hijau dan bahkan cenderung membentuk hutan yang lebat sehingga sangat tepat dijadikan habitat berbagai macam hewan seperti salah satunya adalah bekantan yang juga disebut dengan monyet belanda karena hidungnya yang besar dan berwarna merah.

Tidak hanya dihuni bekantan, namun Pulau Kaget ini juga menjadi habitat spesies monyet lain seperti lutung dan monyet ekor panjang serta beberapa jenis burung seperti elang bondol, trucukan, bangau, elang laut dan juga bebek.

Berbagai hewan yang beberapa diantaranya langka tersebut bisa hidup di pulau ini karena ditumbuhi dengan berbagai jenis pohon seperti bakau, bakung, api api, jeruju, nipah dan juga pandan. Namun pohon yang paling dominan adalah jenis rambai yang menjadi favorit bagi bekantan.

Untuk menuju pulau ini, anda harus menggunakan perahu kelotok dari pusat Kota Banjarmasin sekitar 1.5 jam atau 1 jam drngan speedboat.

  • Lokasi: Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.250.000 sewa perahu.
  • Jam Buka: 24 jam [Senin – Minggu].

8. Wisata Danau Seran

Dulu, Danau Seran adalah area penambangan intan milik PT. Galuh Cempaka. Akan tetapi sesudah aktivitas penambangan selesai, bekas galian tambang terbengkalai dan digenangi dengan air kemudian berubah menjadi danau yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Pesona yang diberikan wisata Danau Seran ini sangat mengagumkan dengan air yang sangat jernih sehingga bisa digunakan untuk berenang. Namun jika anda ingin berenang di danau ini, sebaiknya berhati hati mengingat kedalamannya yang mencapai 30 meter.

Pada bagian tengah danau terdapat sebuah pulau yang ditumbuhi dengan pepohonan liar dan terdapat juga ayunan yang diikat ke batang pohon. Menariknya lagi, anda juga bisa mengunjungi pulau di tengah tersebut ketika berkunjung ke Danau Seran.

  • Lokasi: Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Kendaraan roda dua [Rp.3.000], kendaraan roda empat [Rp.5.000], sepeda air dan perahu [Rp.20.000 per 30 menit].
  • Jam Buka: 08.00 – 18.00.
  • Fasilitas: Penyewaan sepeda air dan perahu, penjual makanan.

9. Danau Galuh Cempaka

Danau berikutnya yang harus nanda kunjungi ketika ke Banjarmasin adalah Danau Galuh Cempaka. Sama seperti Danau Seran, Danau Galuh Cempak juga menjadi area bekas pertambangan intan milik PT. Galuh Cempaka yang kemudian terhenti.

Ada yang mengatakan jika sumber air yang keluar disini berasal dari ntanah bekas galian tambang. Disini, anda juga bisa menikmati pemandangan yang cantik sama seperti Danau Seran dan merasakan kejernihan air yang ada disini.

  • Lokasi: Purnawirawan, kelurahan Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.5.000.
  • Fasilitas: Penyewaan perahu.

10. Embung Sidodadi

Objek wisata Banjarmasin berikutnya adalah Embung Sidodadi yang memiliki fungsi utama sebagai area tangkapan air dan menjadi nsalah satu wisata andalan di Kota Banjarbaru. Disini, anda juga bisa mengajak keluaga anda untuk bersantai atau hanya sekedar melepas lelah dari rutinitas sehari hari.

Kegiatan yang bisa anda lakukan disini diantaranya adalah memancing sebab pemerintah sudah menebar 12.000 bibit benih ikan yang terdiri dari 4000 jenis ikan berbeda dari mulai ikan lokal seperti Papuyu, Baung dan juga Kelabau.

  • Lokasi: Jalan Sidodadi 2 No. 96, Loktabat Selatan, Banjar Baru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.
  • Tiket Masuk: Rp.20.000.
  • Jam Buka: 10.00 – 17.30.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *