Menu Tutup

Tips Aman Memilih Rental Mobil

Keberadaan rental mobil sekarang ini terus menjamur mengingat kebutuhan rental mobil saat ini yang juga semakin meningkat. Banyak orang membutuhkan sewa mobil untuk berbagai kebutuhan dari mulai wisata, pulang kampung, bisnis dan lain sebagainya. Namun ketika anda ingin menyewa sebuah mobil dari rental mobil, ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan agar tidak menyesal. Beberapa tips aman memilih rental mobil ini akan sangat membantu anda agar bisa mendapatkan tempat rental mobil terbaik yang memiliki armada terbaik dan juga pelayanan berkualitas.

1. Cari Referensi Rental Mobil yang Valid

Tips memilih rental mobil yang pertama adalah mencari referensi rental mobil yang valid. Validitas informasi bisa anda peroleh di beberapa blod travel atau group travel. Biasanya, member atau owner blog akan dengan senang hati berbagi pengalaman yang mereka miliki ketika menyewa mobil di perusahaan rental mobil terkait.

Selain itu, anda juga bisa bertanya pada rekan atau teman anda yang pernah berkunjung ke sebuah daerah memakai rental mobil dan mintalah saran rental mobil terbaik namun juga bisa memberikan mobil yang murah dan tentunya berkualitas.

2. Periksa Dengan Teliti Mobil yang Anda Pilih

Jika anda memilih jenis rental mobil lepas kunci, maka hal yang harus anda lakukan adalah memeriksa mobil yang anda pilih sebelum digunakan. Tentunya, anda tidak ingin menerima risiko yang fatal akibat terlalu buru buru memilih mobil.

Hal yang harus anda lakukan adalah tidak hanya memeriksa bagian fisik mobilnya saja, namun periksa juga kelengkapan legalitas mobil yang akan anda sewa. Sesudah anda memeriksa fisik dan surat surat kelengkapan mobil, maka anda baru bisa memutuskan apakah ingin mengajukan rental mobil atau tidak.

3. Lakukan Perbandingan

Tips aman memilih rental mobil selanjutnya adalah melakukan perbandingan antara satu rental mobil dengan rental mobil yang lainnya. Perhatikan fitur apa saja yang ditawarkan, apakah sudah termasuk dengan BBM atau belum, apakah mobil akan diantar ke rumah anda atau tidak dan lain sebagainya. Selain itu yang tidak kalah penting, pastikan juga mobil yang anda sewa harganya sudah sesuai dengan budget yang anda miliki.

4. Perhatikan Risiko yang Bisa Saja Terjadi

Sebelum anda mengajukan rental mobil, setidaknya anda harus mengetahui risiko apa saja yang mungkin anda tanggung. Selain itu, anda juga harus menanyakan syarat yang wajb anda penuhi untuk rental mobil sehingga untuk waktu yang akan datang, anda sudah memahami tentang hak serta kewajiban masing masing pihak baik itu anda sebagai penyewa atau pemberi sewa yakni rental mobil tersebut.

5. Bijak Ketika Memutuskan Memilih Jasa Rental Mobil

Yang dimaksud dengan bijak disini adalah anda harus menyewa sesuai dengan kebutuhan anda dan bukan atas dasar gengsi yang berlebihan karena ini hanya akan membuat anda sebagai penyewa mengalami kesulitan.

Bijak ketika memilih jasa rental mobil juga memiliki tujuan yang jelas yakni untuk mempermudah perjalanan anda dan bukan sebaliknya yakni menyulitkan mobilitas anda selama menggunakan mobil sewa tersebut.

6. Lihat Kontak Dengan Detail

Meski anda berasal dari tempat yang jauh dan belum pernah berkunjung ke sebuah daerah namun ingin menyewa mobil dari jasa rental mobil, maka pastikan tempat sewa mobil tersebut mempunyai nomor kontak yang sangat jelas dan pastikan semuanya bisa dihubungi.

Jika memang tempat rental mobil mempunyai alamat email, maka alamat email dengan akhiran domain website mereka juga akan membuat jasa sewa mobil tersebut lebih dipercaya karena bisa dipakai sebagai bukti keseriusan mereka dalam mengurus berbagai hal hal kecil.

7. Cek Nomor NPWP

Hal berikutnya yang harus anda lakukan ketika ingin menyewa mobil adalah memeriksa nomor NPWP. Sekarang ini, kita sudah memasuki era dimana pajak sudah menjadi tulang punggung pendapatan negara. Ini sangat wajar sebab negara berjalan di atas sistem ekonomi kapitalisme. Jika kita sudah wajib pajak atau mewakili instansi pemerintah, maka perusahaan yang akan menjadi target wajib pajak. Untuk itu, pastikan anda memakai jasa rental mobil yang sudah resmi serta mempunyai nomor NPWP.

8. Periksa Kelengkapan Surat Driver

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ketika ingin menyewa mobil di rental mobil adalah memeriksa kelengkapan surat driver jika memang anda tidak ingin terkena masalah dengan polisi setempat. Niat berwisata, kebutuhan bisnis dan lain sebagainya nantinya bisa terganggu hanya karena driver ternyata tidak mempunyai surat kelengkapan kendaraan. Untuk itu, pastikan jika semua surat seperti SIM, STNK, BPKB sudah dimiliki jasa sewa mobil tersebut dan driver juga juga mempunyai surat izin mengemudi yang lengkap.

9. Perhatikan Kemampuan Driver

Sebagai client, anda juga berhak menanyakan tentang kemampuan driver yang akan mengantar anda ke tempat tujuan seperti contohnya apakah driver tersebut sudah hafal dengan medan dan jalan yang akan ditempuh ke tempat tujuan. Selain itu, perhatikan juga kemampuan navigasi dan juga attitude ketika driver tersebut sedang menghadapi tamu.

10. Perhatikan Review

Jika anda memilih sewa mobil lewat internet, maka yang harus anda lakukan adalah melihat review yang sudah diberikan banyak orang yang pernah memakai jasa sewa mobil tersebut. Anda bisa mengunjungi halaman fanpage sewa mobil tersebut dan memperhatikan semua komentar serta review yang ada.

Anda juga bisa mencari lewat google maps mereka dan memeriksa bagaimana review dari para konsumen mereka terhadap jasa sewa mobil tersebut. Jika memang review yang diberikan banyak yang bagus, maka ini bisa dijadikan salah satu faktor penentu utama dalam memilih jasa rental mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *